Bagi pengguna Cad pemula, tentu saja ploting bukanlah sesuatu hal yang mudah. Terkadang membuat sebagian merasa bingung.

Ploting merupakan salah satu yang menentukan hasil gambar kita. Jika tidak benar melakukan plot di autoCAD maka ketika di print terdapat sedikit perbedaan dengan aslinya. Salah satunya adalah ukuran gambar akan mempengaruhi skala gambar. Nah, untuk mendapatkan hasil yang bagus pada saat ploting di autoCAD simak penjelasan berikut ini.

Karena biasanya klien meminta gambar kerja dalam bentuk pdf. Berikut ini verdant.id akan menjelaskan cara-cara ploting dari autoCAD ke pdf;

  1. Buka file yang akan kita plot atau print
  2. Sebelum ploting pastikan kop jika file sudah kebuka ketik ctrl+p atau ketik plot enter.

Jika sudah tekan tombol ctrl+p maka akan muncul tampilan seperti di atas

  1. Pada bagian printer/plotter pilih jentih printer yang akan kita gunakan atau jika ingin mengubahnya kedalam file pdf maka pilih DWG TO PDF.

  1. Langkah selanjutnya atur ukuran kertas yang akan kita pakai. Caranya klik tombol properties (sebelah nama printer), maka akan muncul tampilan seperti ini.

Kemudian pilih menu costum paper size. Jika sudah otomatis akan muncul tampilan costum paper sizenya lalu klik add. Pada bagian begin pilih use existing select from the list of paper sizes, pilih ukuran kertas yang akan kita gunakan contohnya kertas A3. Lalu klik next juga langkah selanjutnya.

Untuk top, bottom, left, dan right, kita isi dengan angka 0 supaya garis pinggir atau kop bisa sesuai garis pada saat kita print. Agar tidak binggung saat memilih kertas kembali, kalian bisa mengubah paper size name sesuai keinginan. Contohnya nama kalian sendiri dan ukuran kertas (ANDIA3). Lalu klik next dan finish. Jika tampilan sudah keluar, klik save as lalu tekan ok tanpa mengubah nama apapun. Jika sudah selesai, lik ok kembali.

  1. Selanjutnya pilih piper size yang sudah kita save. Biasanya kertas yang kita edit tadi ada pada bagian paling atas.
  2. Pada bagian plot area (what to plot) kalian pilih window. Lalu klik bagian yang akan kalian plot. Pastikan ukuran kop anda sesuai dengan ukuran kertas yang kalian atur sebelumnya. Klik kop pada bagian ujung ke ujung.
  3. Untuk plot style table (pen assignments) kita bisa memilih sesuai dengan kegunaan warna pada gambar.

None                     

Print gambar berwarna sesuai gambar.

Acad                

Sama seperti none, gambar yang di plot berwarna sesuai dengan gambar asli.

Dwg Virtual Pens

Plotting gambar sebagai Design Web Format dengan menentukan nomor pena virtual yang digunakan untuk memplot objek dari warna gambar yang dipilih.

Fill Patterns      

Plotting gambar sesuai dengan isi pola objek gambar.

Grayscale      

Semakin pekatnya warna hitam atau tebal warna hitam yang dihasilkan.

Monochrome      

Plotting gambar dengan keseluruhan warna hitam. Karena keseluruhan gambar berwarna hitam maka ketebalan garisnyapun akan terlihat saat di plot.

  1. Untuk plot skala biasanya jika kertas sudah diatur maka skala pun sudah otomatis berubah. Jika dalam apply layout masih kurang pas maka bulatkan saja plot skalanya.
  2. Jika semua cara sudah dilakukan, jangan klik ok dulu tapi klik apply to layout untuk mengecek atau memastikan bahwa gambar sudah benar. Jika sudah di cek dan gambar sesuai dengan apa yang kita inginkan maka langkah selanjutnya klik ok.

Sumber: Arsicad. Verdant.id Cilukba