Ruang tamu biasanya berada pada bagian paling depan sebuah bangunan rumah. Karena keberadaannya paling depan, maka ruangan ini pula yang pertama kali di lihat ketika ada tamu berkunjung. Dengan demikian, kamu harus benar-benar memperhatikan dekorasinya agar tamu yang berkunjung memiliki kesan yang baik.

Selain konsep, kamu juga harus memperhatikan barang-barang apa saja yang yang wajib diletakan di ruang tamu. Jangan sampai ketika ada tamu yang datang tidak bisa menjamu dengan baik karena fasilitasnya yang minim. Atau ruangan terlalu banyak barang yang diletakan sehingga membuat ruangan terlihat penuh dan sesak.

Lalu, sebaiknya barang-barang apa saja yang wajib ada? Agar ruangan yang kamu miliki tampilannya menjadi lebih indah dari segi estetika dan juga memberi kenyamanan kepada tamu. Yuk langsung saja simak daftar barang-barangnya.

1.  Sofa dan meja.

Barang ini merupakan barang pertama yang wajib ada di ruangan tamu. Tidak perlu meletakan sofa yang berukuran besar tetapi cukup menyediakan satu set sofa kecil yang bisa untuk diduduki tiga orang tamu. Dekorasi seperti ini sangat cocok terutama bagi kamu yang mengusung konsep minimalis.

2. Meletakan karpet di bawah sofa.

Penggunaan karpet selain menambah kesan estetik dan elegan pada ruangan juga memiliki fungsi lain yaitu membuat kaki lebih nyaman. Karpet juga bisa memberikan suasana atau nuansa hangat.

Ketika kamu memutuskan untuk meletakan karpet, maka carilah karpet dengan bahan yang mudah untuk dibersihkan. Mengapa? Karena karpet sangat mudah terkena debu dan kotoran. Pastikan kebersihannya ya!

Baca juga: Tips Memilih Wallpaper Dinding Rumah

3. Bantal Sofa

Bantal sofa ini biasanya digunakan untuk menambah keindahan dekorasi ruang tamu. Ada yang menyediakan satu set dengan sofa namun ada juga yang tidak. Tenang saja, kamu bisa membelinya secara terpisah dan harganya juga terjangkau.

Jika tidak mendapatkan satu set dengan sofa maka kamu bisa memilihnya sesuai selera dan tentunya harus disesuaikan dengan sofa yang sudah di beli. Tipsnya, jika sofa yang kamu miliki polos, maka pilihlah bantal sofa dengan warna sesuai namun memiliki corak atau motif. begitupun sebaliknya jika sofa bermotif pilihlah bantar yang polos.

4. Jam Dinding

Tak hanya sebagai penghias ruangan, jam dinding juga berfungsi sebagai pengingat waktu. Sehingga sebagai tuan rumah tak perlu lagi mengingatkan tamu yang sedang berkunjung. Jadi nanti tidak akan ada lagi istilah kelamaan bertamu.

5. Pajangan Dinding

Foto keluarga atau lukisan-lukisan yang dipajang didinding bisa membuat ruangan tampak lebih hidup. Cukup kamu tambahkan bingkai atau figura pada foto lalu pasang. Susunlah bingkai-bingkai foto sesuai dengan selera kamu. Mudah kan.

Media Roang, Hipwee.