Desain Generatif

Desain generatif adalah metode perancangan matematis dengan melibatkan program tertentu untuk menghasilkan sejumlah bentuk efisien dengan batasan-batasan yang sudah ditetapkan oleh desainer. Perancangan matematis maksudnya adalah perancangan yang menggunakan algoritma matematika atau perhitungan tertentu.

Dengan bantuan komputer, penetapan batasan-batasan dan algoritma dalam proses desain generatif menjadi lebih mudah dan bahkan bisa lebih kompleks di bandingkan tanpa bantuan komputerisasi.

Proses desain ini dapat di simulasi-kan baik secara digital maupun di dunia nyata dengan menciptakan lingkungannya tersendiri dan diatur hingga se kompleks mungkin dengan menerapkan kecerdasan buatan.

Pada prinsipnya, metode perancangan ini bukanlah konsep yang baru. Namun demikian baru belakangan ini menjadi perhatian karena lebih mudah dilakukan dan di presentasi kan dengan perkembangan teknologi. Menurut pandangan subjektif penulis, desain ini merupakan pengembangan dari desain parametrik. Desain parametrik juga menggunakan parameter-parameter yang dimasukkan menjadi coding pada komputer untuk membuat desain tertentu. Namun dengan metode generatif, alternatif desain yang dapat dihasilkan jauh lebih banyak.

Metode desain generatif dapat digunakan untuk menghasilkan produk, bangunan, suara, pencahayaan, animasi dan sebagainya.

Menggunakan metode desain generatif dapat menghasilkan banyak kemungkinan bentuk atau output. Output ini dapat dipilih serta di maksimal-kan oleh desainer dibandingkan dengan metode desain yang biasa.

Metode desain seperti ini pastinya menjadi perdebatan di berbagai kalangan. Penggunaan metode ini seringkali disebut menghilangkan fungsi desainer secara artistik karena desainer pada akhirnya sudah diberikan berbagai alternatif bentuk oleh komputer untuk dipilih.

Desain Generatif Dimasa Yang Akan Datang

Meskipun metode desain ini masih jadi perdebatan pengaplikasian batasan pada desain yang kompleks bisa menjadi lebih maksimal untuk menghasilkan desain yang maksimal pula. Sehingga dengan demikian, metode ini diperkirakan jadi salah satu alternatif mendesain yang akan berkembang pesat dimasa yang akan datang.

Sampai saat ini software yang penulis ketahui telah menggunakan metode ini adalah Catia, Solidworks dan Fusion 360.

Didalam dunia desain dan arsitektur, penggunaan metode ini seringkali menghasilkan bentuk-bentuk yang organis, unik dan artistik. Sehingga dengan menggunakan metode ini lebih mudah menghasilkan desain yang original.

Di Indonesia, penggunaan metode desain ini sepertinya belum terlalu luas. Baik secara akademis maupun secara aplikatif. Kami harap tulisan ini dapat menjadi Pioneer dan menjadi inspirasi bagi anda yang membaca artikel ini.

Asyraaf Ahmadi