Desain Rumah Tipe 36 yang Unik
Desain rumah tipe 36 yang unik bisa menjadi jawaban yang tepat bagi anda yang baru membangun rumah tangga, agar memiliki hunian yang kecil tapi tetap nyaman

Tipe rumah 36 merupakan rumah yang memiliki luas yang tidak luas alias minimalis. Tidak jarang pasangan yang baru menikah atau anak muda kekinian memilih tipe tersebut agar tidak terlalu repot mengurusnya dan tidak terlalu banyak barang dimasukan. Meskipun minimalis, Anda bisa mengubahnya menjadi desain rumah tipe 36 yang unik dengan cara mendesain yang tepat.

Sebenarnya mendesain tipe 36 tidak terlalu sulit. Hanya saja Anda harus membutuhkan kejelian dalam menata ruangnya, apalagi ruangannya yang tidak terlalu luas. Selain itu, Anda harus pintar-pintar memilih perabotannya dan cat warna dinding yang tepat agar tidak memberikan kesan sempit di ruangan tersebut.

Anda yang masih bingung memilih desain tipe 36 yang seperti apa, ada baiknya Anda membaca trik-triknya di bawah ini.

  1. Maksimalkan ruangan Desain Rumah Tipe 36 yang Unik

Hal penting yang wajib Anda lakukan saat mendesain tipe 36 adalah memaksimalkan ruangan. Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, dengan luas ruangan yang minimalis, Anda harus memaksimalkan ruangannya tersebut dengan baik agar tidak terasa sempit dan berantakan.

Misalnya saja ruang tamu. Sebagai ruangan yang paling depan untuk menyambut tamu, tidak ada salahnya Anda gabung jadi 1 dengan ruang keluarga. Jangan terlalu berlebihan menata ruangan tersebut karena termasuk ruangan netral. Mungkin Anda bisa menambahkan foto-foto keluarga dan ornamen sederhana lainnya agar terlihat menarik.

Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan ruang makan dengan dapur agar ruang dapur tidak terlalu sempit untuk memasak. Gunakan meja yang tidak terlalu besar dan sesuaikan dengan luas ruangannya.

  1. Jangan sembarangan memilih perabotan

Perabotan merupakan kunci utama bagaimana kesan ruangan tersebut. Jika Anda terlalu banyak memasukan furniture-nya, tentu ruangannya menjadi terkesan sempit dan berantakan. Begitu pula kalau Anda memilih furniture yang besar-besar, sudah pasti ruangannya menjadi tidak nyaman, apalagi peletakannya yang sembarangan.

Ada baiknya Anda menggunakan perabotan yang multifungsi saja untuk meminimaliskan ruangannya. Misalnya saja untuk pemilihan sofa. Pilihlah sofa yang tidak terlalu besar dengan desain yang menarik agar tamu dan keluarga yang melihatnya tidak merasa bosan.

Verdant Architecture

 

Selain itu, pertimbangkan kembali apakah Anda benar-benar membutuhkan lemari di ruangan tersebut atau tidak. Kalau memang tidak memungkinkan ditambahkan lemari karena sempit, lebih baik jangan Anda tambahkan. Meskipun bisa ditambahkan, masukan saja 1 lemari yang ukurannya jangan terlalu besar.

  1. Gantilah tirai dengan roller blinds

Untuk mencegah cahaya matahari masuk secara berlebihan, umumnya penghuni memasang tirai. Tapi, dalam memberikan desain rumah tipe 36 yang unik, ada baiknya Anda mengganti tirai menjadi roller blinds saja. Tipe tersebut tidak cocok memakai tirai karena hanya akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih sempit.

Kalaupun memakai kerai, ruangan Anda menjadi tidak menarik karena biasanya warna-warna yang disediakan tidak cocok untuk Anda yang ingin ruangannya terlihat unik. Maka dari itulah, memakai roller blinds menjadi solusi terbaik untuk menutup jendela Anda. Pemasangannya yang mudah, Anda pun juga tidak perlu repot membersihkannya.

  1. Ruang tidur dan ruang kerja

Bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu kerja di rumah, seperti pekerja freelance, tidak ada salahnya menggabungkan ruang kerja dengan kamar tidur. Luangkan ruang di sebelah kamar tidur agar bisa Anda ubah menjadi tempat bekerja Anda. Untuk membatasinya, Anda bisa gunakan tirai atau lemari buku agar privasi bekerja Anda tidak terganggu dengan ruang tidur.

Karena tidak luas, ada baiknya Anda memakai meja yang sudah tergabung dengan rak. Ingat, jangan pilih yang besar agar tidak terkesan sempit. Jika perlu, pilih meja lipat yang dipasang dengan dindingnya. Dengan begitu, saat Anda sedang tidak memakainya, Anda bisa melipatnya.

Kunci membuat desain rumah tipe 36 yang unik yaitu pada pemilihan dan peletakan perabotannya. Anda yang hanya sembarangan memasukannya saja, tentu ruangan menjadi berantakan dan Anda pun menjadi tidak nyaman.

Verdant Architecture