Presentasi merupakan salah satu kegiatan menyampaikan pesan kepada audience dengan menggunakan tools tertentu. Kegiatan ini membutuhkan cara komunikasi yang baik sebagai soft skill yang dapat membantu menyampaikan pesan dengan cara yang baik. Komunikasi yang baik terdiri dari artikulasi, intonasi, gestur dan mimik yang tepat dalam penyampaian verbal.

Skill pada kegiatan ini dibutuhkan hampir oleh semua orang. Baik yang bekerja sebagai profesional dibidang tertentu, siswa atau mahasiswa, orasi politik hingga pembicaraan ringan dalam ruang lingkup informal. Dengan demikian seseorang secara implisit semua orang secara sadar maupun tidak dari waktu kewaktu akan meningkat kemampuan presentasinya. Tingkatan kemampuannya dalam kegiatan ini tergantung pengetahuan dan pengalaman yang ia miliki.

Berhasil atau gagalnya kegiatan ini dapat dinilai dengan berbagai cara. Mulai dari dibelinya produk yang anda jual, berhasilnya anda mendapat nilai yang tertinggi atau anda diberikan standing applause oleh audience. Sedangkan kegagalan dalam kegiatan ini dapat juga dinilai karena beberapa hal seperti interupsi, walk out dan tidak fokusnya audience pada presentasi yang kita sampaikan. Kegiatan ini dapat berupa penyampaian pesan secara monolog, dialog maupun diskusi.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum presentasi yang baik di mulai

Sebelum kegiatan presentasi yang baik dimulai, baiknya seorang presenter menyiapkan beberapa hal sehingga kualitas dari penyajian pesan akan menjadi lebih baik dan poin yang ingin disampaikan benar-benar dapat dipahami oleh audience.

Knowledge

Pengetahuan yang mendalam tentang apa yang ingin disampaikan merupakan kunci utama dalam penyampaian presentasi. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang baik tentang subjek maupun objek yang akan dipresentasikan, presenter akan memiliki rasa percaya diri yang baik. Namun demikian, rasa percaya diri tersebut harus pas, tidak lebih tidak kurang. Menghormati para audience jauh lebih penting, oleh karena itu presentasi bukan ajang pamer pengetahuan dan merendahkan kemampuan orang lain.

Alat untuk presentasi

Apakah anda ingin presentasi melalui tablet anda, laptop, proyektor atau yang lain? Siapkan semua alat yang anda butuhkan untuk presentasi dalam waktu yang telah ditentukan, atau sebelum para audience berada diruangan tempat anda presentasi. Hindari membuat orang lain menunggu anda menyiapkan apa yang anda ingin presentasikan dan melihat kesalahan-kesalah kecil yang tidak perlu dilihat audience. Persiapan alat-alat yang akan anda gunakan dalam presentasi membuat anda semakin percaya diri dalam menyampaikannya.

Dokumen

Dokumen merupakan salah satu sarat dalam melakukan kegiatan ini. Bahkan dalam presentasi kecil, dokumen seperti brosur produk memberikan audience anda bahan untuk lebih meyakini apa yang anda ingin sampaikan. Dalam presentasi yang lebih formal, hand out untuk klien anda sangatlah penting. Selain itu jika anda menyampaikan pesan anda dengan menggunakan laptop atau komputer bahkan gadget anda, pastikan semua file yang anda butuhkan telah ditempatkan pada suatu folder yang mudah diakses. Sehingga anda dapat menghindari audience atau klien anda melihat isi gadget, pesan atau hal-hal yang tidak perlu diketahui pendengar anda.

Prototype atau Mock Up

Dalam presentasi sebuah produk, interior atau bangunan prototype atau mockupmerupakan suatu yang belum dapat tergantikan oleh digitalisasi apapun. Prototype dapat merepresentasikan segala hal yang bersifat teknis, proporsi dan komposisi dari produk yang anda miliki. Sedangkan mockup memastikan audience anda melihat secara umum bagaimana bentuk dengan menggunakan berbagai macam panca inderanya.

Sample Komponen

Pada presentasi beberapa jenis desain seperti produk, interior maupun arsitektur sample material dan komponen membantu klien anda memberikan masukan dan evaluasi terhadap desain yang anda buat. Dan sample ini juga memberikan klien anda visualisasi yang tepat tentang hasil akhir yang akan mereka dapatkan.

Cara Penyampaian

Semua orang memiliki karakteristiknya masing-masing. Ada yang memiliki sifat yang tegas, luwes bahkan pemalu. Namun demikian dalam hal presentasi, karakter tersebut perlu berubah ditambahkan sedikit sifat ekstorvert. Tentu saja hal ini tidak dimaksudkan dalam koridor yang negatif. Karena dalam kegiatan ini tujuan yang ingin anda capai adalah keberhasilan. Sehingga anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Semangat tapi tetap santai

Perlihatkan bahwa anda cukup percaya diri untuk mencapaikan presentasi anda. Atur flowberbicara anda, tidak terlalu lambat atau terlalu cepat pula untuk menghindari kebingungan pada audience anda. Jika audience anda terdiri dari beberapa orang, kita harus memahami bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan dan karakter yang sama. Kecepatan presentasi yang baik membuka peluang, semua audience mengerti terhadap apa yang anda bicarakan.

Tenangkan diri anda, tarik nafas dalam-dalam dan yakinkan diri anda bahwa anda dapat melakukannya dengan baik. Tetap jaga fokus pembicaraan dengan penyampaian yang lugas.

Beri salam dan penghormatan

Sapa audience anda, beritahukan bahwa presentasi yang anda lakukan telah dimulai dan mulai beri penghormatan kepada orang yang paling penting ditempat tersebut.

Terangkan dengan simple

Meskipun ada banyak yang bisa anda sampaikan pada pembicaraan anda, tetapi presentasi memerlukan fokus. Apapun yang ingin anda ceritakan, pastikan anda tidak kehilangan poin yang ingin anda sampaikan dalam bahasa-bahasa yang paling mudah dimengerti audience.

Gunakan intonasi, artikulasi, gesture dan mimik yang sesuai

Panggung adalah tempat dimana anda melakukan performance demikian pula panggung presentasi anda. Baik dengan duduk atau berdiri, kombinasi antara intonasi suara anda, artikulasi yang benar terhadap bahasa-bahasa yang keluar secara verbal, gesture yang muncul dari tubuh anda serta mimik muka yang sesuai meng isyaratkan makna lebih dalam.

Pastikan poin yang anda ingin beritahukan tersampaikan dengan baik

Fokus adalah salah satu yang paling penting dalam penyampaian pesan dalam kegiatan ini. Dalam fokus tersebut ada hirarki dari latar belakang hingga poin utama pembicaraan. Sampaikan dengan urutan yang mengalir dan teratur.

Buat kesimpulan

Sebelum anda menutup presentasi anda, dari pembicaraan yang telah anda sampaikan pastikan anda memberikan penekanan pada poin yang ingin anda sampaikan. Buat kesimpulan agar semua orang ingat bahwa ada beberapa poin yang jadi tujan utama pembicaraan.

Tutup dengan salam dan terimakasih

Sebagai mana anda memulai, pada penutupan kembalilah berikan penghormatan pada audience anda. Sehingga anda dapat memastikan bahwa mereka adalah bagian penting dari presentasi yang anda sampaikan. Serta anda mengharapkan feed back yang positif.

Respon

Akhirnya keberhasilan dari presentasi yang anda lakukan dapat anda temukan pada respon yang anda dapatkan dari audience anda. Apakah itu dalam bentuk produk yang anda jual dibeli, proyek yang anda rancang diterima oleh klien atau tepuk tangan yang meriah dari kursi penonton. Atau justru presentasi yang anda sampaikan ternyata menjemukan dan ditengah-tengahnya beberapa orang meninggalkan posisinya.

Positif

Tentunya dari kegiatan ini, respon positif merupakan hal yang ingin didapatkan oleh presenter. Baik hanya dalam bentuk tepuk tangan, acungan jempol, proyek anda diterima dan sebagainya. Dalam respon positif ini juga kita bisa mendapatkan berbagai pertanyaan agar audience dapat memastikan informasi yang telah mereka dapatkan sesuai dengan apa yang anda maksud. Pada beberapa tipe presentasi tertentu, sediakan waktu untuk sesi pertanyaan.

Negatif

Tanggapan negatif dari audience anda bukanlah akhir dari dunia. Tentunya ada kekurangan, namun demikian anda dapat memperbaikinya terutama dalam sesi pertanyaan. Dan permintaan maaf terkadang diperlukan, jadilah bijaksana bahwa evaluasi terkadang memang diperlukan. Kesempatan akan selalu ada, dan pastikan dilain waktu anda menyampaikan presentasi anda dengan lebih baik

Verdant.id Cilukba Architecture.verdant