Desain Kemasan

Tentunya anda bukan orang yang perlu kami beri tahu bahwa air dalam kemasan seperti Aqua sebenernya hanya menjual botol atau galonnya. Atau seberapa mahal sih sebenernya kripik yang di bungkus desain kemasan dan berbranding bagus di toko-toko retail seperti Alfamart dan Indomaret? Silahkan sampaikan argumen anda di kolom komentar jika mungkin anda tidak sependapat.

Tapi jika anda masih berpikir bahwa harga packaging akan menambah harga produk anda sehingga akan semakin sulit bersaing, well sebenernya tergantung pasar yang anda pilih, atau?

Kami sangat yakin anda punya banyak pertimbangan mempertahankan packaging yang kini anda gunakan untuk produk anda. Namun demikian pertimbangan untuk mengupgradenya juga bisa kami pastikan dapat membuka peluang baru bagi produk anda.

Secara teknis mendesain, pekerjaan desain kemasan melibatkan 2 jenis designer. Pertama desain produk untuk mendesain fisiknya, dan desain grafis atau turunannya untuk pekerjaan visual grafisnya.

Nah jika anda kini sudah sepakat bahwa packaging bukan hanya sebagai bungkus volume untuk produk anda, mari kita breakdown apa saja yang kira-kira harus anda perhatikan untuk membuat desain packaging dan grafis nya melalui artikel ini.

Desain Kemasan Secara Fisik

Perhatikan pertimbangan ekonomis

Harga produk, memang menjadi salah satu poin yang perlu diperhatikan dalam bisnis. Dengan harga yang pas, produk mungkin bisa mendapatkan penjualan yang maksimal. Harga yang pas belum tentu harga yang se murah-murah nya. Karena pertimbangan branding image, harga yang lebih mahal dari kompetitor terkadang justru jadi alasan mengapa konsumen membeli produk anda karena berpikir produk yang anda jual lebih berkualitas dibandingkan produk lain.

Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk men desain kemasan untuk produk anda, anda bisa melihat template packaging yang ada pada vendor atau mesin yang akan anda gunakan. Dengan menggunakan template yang sudah ada, harga packaging bisa menjadi lebih ekonomis. Template yang ada biasanya template untuk bentuk fisik sehingga anda bisa fokus mengerjakan konten grafis nya lebih mudah.

Namun jika anda mempertimbangkan untuk mengembangkan desain fisik packaging anda, pastikan anda dapat menemukan tempat untuk memproduksi nya dengan harga yang sesuai.

Pertimbangan Teknis Desain Kemasan

Desain fisik kemasan berpengaruh pada semua yang hal berkaitan dengan produksi, penyimpanan, pengiriman bahkan penyimpanan di rak pajang.

Hal ini melegitimasi bentuk-bentuk yang simple menjadi bentuk yang terbaik. Misalnya produk-produk yang dijual dengan packaging kotak lebih mudah diproduksi, dapat disimpan dengan jarak antara produk yang lebih sedikit, dan dikirim dengan efisiensi ruang pada kontainer serta dipajang lebih banyak karena dapat disusun dengan mudah. Dengan pertimbangan tersebut maka shipping packaging lebih banyak yang berbentuk kotak. Misalnya produk minum kemasan kecil yang berbentuk gelas di kirim dalam dus isi 20.

 

Pertimbangan humaniora

Selain memberikan pengaruh secara ekonomis dan teknis, bentuk fisik juga tidak kalah berpengaruh pada keputusan pembelian calon konsumen. Bentuk fisik dapat dilihat secara gamblang oleh konsumen sehingga memiliki dampak psikologis tertentu untuk meng encourage calon konsumen untuk membeli. Hal ini sering kita lihat pada banya produk seperti produk anak-anak yang notabene menjual permen namun dikemas pada packaging berbentuk mainan.

Bentuk fisik juga sering memberikan informasi secara semantik dan semiotika akan fungsi dari produk tersebut. Misalnya produk minuman sering kali di kemas dalam bentuk botol yang menginformasikan bahwa produk tersebut dapat langsung di konsumsi dari packaging nya. Atau produk pembersih lantai yang packaging nya selalu di lengkapi handle dan tutup yang dapat dijadikan gelas takar.

Aspek Grafis Pada Desain Kemasan

Desain grafis sangat identik dengan pemberian informasi lebih detail tentang produk. Mulai dari brand, jenis produk, bahan, cara penggunaan, harga, sertifikasi dan lain sebagainya. Sehingga dalam mendesain grafis pada packaging perlu diperhatikan urutan paling prioritas.

Nama Produk Paling menonjol

Nama produk adalah identitas terpenting dari produk yang dijual oleh produsen. Identitas ini bahkan dijadikan materi utama untuk membuat advertising bagi penjualan produk tersebut. Identifikasi yang unik juga bagian dari HKI yang dapat di paten kan sehingga menjadi identitas yang dapat diklaim. Dengan Nama produk yang jelas pada packaging, konsumen dapat mengkonfirmasi pembelian dari informasi yang sudah mereka dapatkan sebelumnya. Nama produk juga meliputi jenis dan tipe detail dari produk tersebut

Jenis Produk

Kripik kentang, Onigiri, Susu untuk anak umur 1 – 3 tahun atau oli mobil 2 tak. Jenis produk merupakan identifikasi utama yang kedua yang harus di ekspose dengan baik pada packaging. Informasi ini dapat ditampilkan secara visual ataupun textual atau bahkan kedua-duanya.

Brand Produsen

Brand produsen memiliki dua fungsi, pertama sebagai identifikasi pembuat produk serta sebagai advertising sendiri bagi produsen tersebut. Produsen yang memiliki track record dan nama yang baik biasanya juga dapat menarik konsumen untuk membeli berbagai macam produk yang diproduksinya.

Image result for packaging design components

Selain 3 hal tadi berikut ini komponen lain yang perlu ada pada kemasan. Informasi-informasi detail ini memberikan edukasi pada calon konsumen tentang produk yang meliputi :

  • Volume
  • Bahan
  • Sertifikasi (halal, jaminan mutu, BPOM, jaminan mutu dll
  • Alamat produsen
  • Distributor
  • Pemegang lisensi
  • Asal negara pembuat
  • dan sebagainya

Aspek Desain secara umum

Aspek desain secara umum tidak kalah penting untuk mempersuasi calon konsumen untuk membeli produk. Hal-hal seperti semantik, semiotik, ergonomi, skema warna, komposisi dan berbagai hal penting lainnya dapat anda temukan di blog kami untuk pembahasan yang lebih detail.

Demikianlah beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih dan mendesain packaging atau kemasan bagi produk anda. Dalam mendesain secara umum, utamakan benar sebelum baik, baik sebelum bagus.