Tertarik dengan dunia desain grafis? Ada banyak unsur yang wajib kamu ketahui. Salah satunya adalah unsur garis. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, garis merupakan unsur yang menghubungkan antar titik sehingga bisa membentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis hanya memiliki ketebalan dan panjang, tidak mengenal istilah kedalaman sehingga bisa disebut sebagai elemen satu dimensi. Pernyataan ini diperkuat oleh wikipedia yang mengartikan garis adalah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak, hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang.

Lalu, apa sajakah jenis-jenis yang wajib dipelajari? Ada jenis garis kontur, dekoratif, pemisah, sisipan dan gestur. Yuk langsung simak saja pembahasannya satu persatu.

1.  Garis kontur

Garis yang melukiskan bagian tepi dari suatu bentuk dinamakan kontur. Untuk ketebalannya bervariasi, tidak memiliki gradasi gelap terang ataupun bayangan. Sedangkan garis kontur ekspresif mengajak mata melihat garis tersebut sebagai bentuk. Mengapa? Karena dibuat dengan variasi tebal tipis dan memiliki detail.

Selain itu, garis ini  juga sering digunakan untuk memisahkan header dan footer halaman website dari body website. Contoh lainnya adalah penggunaan di sekitar sebuah objek, seperti frame pada foto.

2. Garis dekoratif

Garis dekoratif adalah garis yang digunakan untuk menghias objek, teks atau sebagai elemen dalam desain itu sendiri. Garis dekoratif biasanya juga digunakan sebagai underline pada teks.

3. Desain garis pemisah

Jenis garis ini biasanya digunakan antara kolom teks. Seperti contohnya garis di antara halaman utama sebuah website dengan sidebars. Pada intinya jenis garis ini memisahkan bagian-bagian dari sebuah desain.

4. Garis sisipan

Garis ini bisa ditemukan pada deretan tombol menu pada website, secara tidak langsung akan membentuk sebuah garis. Garis sisipan ini ada ketika benda atau elemen tertentu terbuat dengan menggunakan garis.

5. Desain grafis garis gestur

Kalau yang terakhir ini adalah garis gestur. Garis ini biasanya digunakan untuk menggambar lekuk tubuh manusia atau makhluk hidup. Biasanya berbentuk sketsa yang terkesan kasar.

Deco, ids