Kaca film merupakan sebuah lapisan tipis yang terdiri dari beberapa unsur dibuat menggunakan teknologi modern dengan desain atau rancangan khusus. Kaca ini biasanya dipakai di gedung perkantoran untuk menutup kaca agar terlindung dari sinar matahari. Selain itu, bisa juga sebagai penutup atau penghalau pandangan dari luar ke dalam dan sebagai aksesori agar terlihat lebih elegan serta estetis.

Dikutip dari srstiker.com terdapat beberapa fungsi kaca film gedung di antaranya:

  1. Memberikan perlindungan dari bahaya radiasi sinar UV dan panas matahari
  2. Memberikan keamanan dari bahaya bencana dan pengrusakan, karena kaca film ini mampu menahan pecahan kaca akibat benturan.
  3. Perawatan mudah hingga bisa menghemat biaya perawatan.

Seiring dengan banyaknya penggunaan kaca film, saat ini di pasaran kita dapat menemukan beragam jenis dari berbagai merek. Semuanya menawarkan berbagai type dan spesifikasi yang berbeda-beda. Tentu, sebagai konsumen kita terkadang bingung menentukan kaca jenis apa yang cocok untuk diterapkan. Nah, Verdant Studio merangkum jenis-jenis kaca film gendung perkantoran yang banyak ditemui dipasaran lengkap dengan fungsinya.

Yuk langsung saja simak uraian jenis-jenis kaca film gedung perkantoran.

1 Kaca Film Safety

Kaca film bening ini digunakan pada kaca agar kaca terlaminasi oleh film. Memiliki fungsi sebagai peredam benturan keras yang diakibatkan oleh benturan, tindak kejahatan atau akibat bencana alam. Sehingga bisa meminimalisir pecahan kaca agar tidak melukai orang-orang sekitar.

2. Kaca Film Oneway

Kaca film oneway ini mempunyai ciri khas seperti cermin. Pada umumnya kaca ini memiliki daya serap panas yang tinggi, sehingga cocok jika digunakan untuk pemasangan kaca jendela pada gedung-gedung perkantoran. Disamping memiliki daya serap panas yang tinggi, kaca film ini juga bisa menambah nilai estetis.

Beberapa fungsi dari kaca film ini antara lain, Ketika dipasang dari sisi luar akan terlihat seperti cermin, pantulannya kuat dan orang yang berada di luar tidak akan bisa melihat aktivitas yang terjadi di dalam ruangan. Tetapi dengan catatan intensitas cahaya di luar lebih terang daripada cahaya didalam. Dengan menggunakan kaca film oneway juga tidak lagi memerlukan gorden untuk menutupi kaca.

3. Kaca Film Riben

Kaca film ini memberikan efek teduh karena warnanya pun dominan hitam, tetapi ada juga yang berwarna coklat, hijau, grey bahkan merah. Masih ingatkah dahulu ada yang namanya kaca riben, ya, kaca film riben inilah pengganti kaca riben.

Fungsinya, selain untuk menolak panas, juga dengan kaca film riben bisa mengganti type warna kaca tanpa mengganti kacanya. Cukup melepas kaca film riben yang telah terpasang dengan kaca riben warna lainnya.

4. Kaca Film Sandblas

Sandblas merupakan jenis bahan sticker yang membuat efek blur, Pada umumnya memiliki tampilan warna seperti es, freeze. Tersedia dengan motif beragam ada yang berbentuk vertikal, horizontal ada pula yang membentuk motif bunga. Kaca ini biasanya diaplikasikan untuk ruangan-ruangan di area perkantoran. Dengan menggunakan kaca ini bisa memberikan efek layaknya dinding partisi, sehingga jarak pandang orang-orang yang berada di area luar ruangan menjadi terbatas.

Kaca Film Education