Sering melihat film-film animasi seperti Transformer, Iron Man atau kartun Walt Disney. Lalu setelah menonton film itu, kamu memiliki minat atau ketertarikan untuk menjadi seorang animator? Sebelum terjun langsung mempelajari dunia animasi, terlebih dahulu kamu harus mengetahui pengetahuan dasar-dasar animasi.

Berikut ini akan mengulas mengenai jenis- jenis animasi. Verdant.id mengelompokannya menjadi 3 (tiga) yaitu:

1. Traditional Animation

baianat.com

Traditional Animation atau bisa disebut juga sebagai animasi gambar tangan hand-drawn animation atau cel animation merupakan jenis animasi yang pertama kali digunakan di dunia hiburan sejak tahun 1930-an. Objek atau karakter digambar manual langsung menggunakan tangan di atas kertas. Untuk membuat pergerakan sebuah objek dibutuhkan berpuluh-puluh gambar manual dengan hanya sedikit sekali perbedaannya antara gambar tersebut. Sehingga, ketika puluhan gambar tersebut dilihat secara berurutan maka akan tercipta ilusi pergerakan.

Kertas yang digunakan untuk menggambar disebut dengan cell, maka dari itu disebut juga cell animation. Setelah gambar selesai dibuat, gambar kemudian difoto menggunakan kamera rostum. Apa itu kamera rostum? Kamera yang dirancang khusus untuk digunakan dalam produksi televisi dan pembuatan film, untuk menghidupkan animasi gambar atau objek diam.

Coba banyangkan, pada saat itu para animator harus membuat ribuan gambar dengan pergerakan gambar yang sedikit demi sedikit untuk menghasilkan sebuah animasi.

Contoh animasi dengan teknik ini yaitu Pinocchio (1940) dan Animal Farm (United Kingdom, 1954).

2. Stop Motion Animation

idseducation.com

Stop-motion animation atau dikenal juga sebagai claymation merupakan sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan.

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pembuat film pada masa sebelum era animasi modern. Stop-motion animation memungkinkan terjadinya adegan ajaib atau adegan yang sulit dilakukan.

Teknik yang pertama kali diperkenalkan pada 1906 oleh Stuart Blakton ini telah menghasilkan banyak film. Di antaranya adalah Shaun the Sheep dan Lego Movies.

Baca juga: Cara Membuat Kartun Animasi Menggunakan Android Sangat Mudah

3. Computerized Animantion

tes.com

Sesuai dengan nama atau penyebutannya computerized animation merupakan animasi yang dikerjakan menggunakan komputer. Sebagai salah satu bentuk animasi modern, cara pembuatannya menggabungkan antara teknik traditional animation dan stop-motion animation.

Animasi komputer sendiri merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar atau animasi dengan menggunakan komputer grafis.

Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat animasi ini. Misalnya saja After Effect, Maya, 3ds Max dan lainnya.

Sekarang, jenis animasi ketiga ini yang lebih sering digunakan. Karena bisa menghemat waktu dan memangkas biaya produksi. Beberapa kategori yang termasuk ke dalam computerized animation yaitu, animasi 2D, animasi 3D, motion grafik dan animasi tipografi.

Sumber: bpptik.kominfo.go.id, animasistudio.com