Ketika kamu baru memulai untuk mendesain sebuah logo, mungkin pernah merasa kesulitan atau kebingungan untuk menentukan logo seperti apa yang akan dibuat. Sebuah logo tidak hanya dihasilkan dari keinginan desainer semata, tetapi juga harus dikomunikasikan dengan klien yang memesan logo tersebut.

Setelah kamu berkomunikasi dengan klien, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar logo yang dibuat sesuai dengan elemen-elemen yang baik pada logo. Mengapa demikian? Karena logo merupakan cerminan dari sebuah perusahaaan/produk yang berfungsi sebagai simbol untuk merepresentasikan perusahaan/produk tersebut.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ini verdant.id merangkumnya menjadi 5 hal yang harus kamu perhatikan ketika sedang mendesain logo.

  1. Menggunakan Huruf Custom

Logo yang kamu buat tidak harus selalu menggunakan gambar atau objek, tetapi bisa juga hanya berupa huruf yang telah di desain sedemikian rupa sehingga menghasilkan desain logo yang menarik dan elegan. Seperti contohnya logo canon ini.

2. Buat Sederhana

Buatlah desain logo yang sederhana agar orang lebih mudah untuk mengenalinya. Contohnya logo yang sudah terkenal di kalangan masyarakat seperti Adidas dan Nike. Jika kita perhatikan sangat sederhana tetapi begitu melekat dalam benak masyarakat. Hanya dengan melihat logonya saja orang sudah tahu produknya dan bagaimana kualitasnya.

3. Perhatikan Jenis Huruf

Jenis huruf juga sangat mempengaruhi hasil akhir dari sebuah logo. Sekarang kamu bisa mengunduh berbagai jenis huruf dengan mudah dan bisa didapatkan secara gratis.

Selain itu, kamu juga harus menghindari penggunaan jenis huruf Comic Sans MS karena akan terlihat seperti amatiran. Dan usahakanlah jangan menggunakan lebih dari 2 jenis huruf agar lebih mudah dipahami.

4. Memorability

Memorability yaitu membuat logo mudah untuk diingat oleh pelanggan. Biasanya desain yang mudah diingat ialah yang bersifat sederhana dan tidak terlalu kompleks, misalnya saja logo Apple. Jika desain buah apel pada logo apple berbentuk utuh maka orang akan sulit untuk mengingatnya, akan tetapi logo apple didesain semacam ada gigitan sehingga akan lebih mudah untuk mengingatnya

5. Perhatikan Warna

Warna juga merupakan unsur terpenting dalam mendesain logo, karena warna akan memberikan makna. Hindari penggunaan warna yang terlalu ramai, kami sarankan menggunakan tiga kombinasi warna agar terlihat profesional,

Semoga kamu bisa memperhatikannya ketika akan membuat sebuah logo.

Sumber: SribuFile magazkcdev. Verdant.id