Kamu memiliki minat pada bidang seni khususnya film animasi? Ingin belajar membuatnya sendiri? Cara membuat video animasi dengan movie maker di bawah ini bisa jadi solusi terbaik untuk Kamu coba. Sekarang ini, semuanya sudah dipermudah oleh perkembangan teknologi yang selalu meningkat setiap waktu. Termasuk untuk bidang produksi film animasi.

Meskipun Kamu bukanlah seorang mahasiswa/ alumni yang mempelajari cara membuat film animasi pun Kamu tetap bisa belajar secara otodidak dan mencobanya sendiri di rumah. Nah disini Kami akan memberikan panduan bagaimana cara membuat video animasi dengan movie maker. Tentu dengan deskripsi singkat yang cukup jelas untuk dicerna.

Simak ulasannya, yuk!

  1. Gambarlah sketsa yang akan dimasukkan dalam video animasi. Selesaikan semua gambar serta alurnya sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.
  2. Trik penting pada tahap ini adalah untuk membuatnya seakan akan seperti flip box. Sehingga semua gambarnya harus memiliki alur yang jelas dan cocok dengan gambar sebelumnya untuk memastikannya bergerak secara berkesinambungan saat frame diputar.
  3. Foto/ scan gambar yang sudah dibuat tadi untuk selanjutnya diproses secara digital.
  4. Perhalus garis dari gambar tadi. Kamu bisa menggunakan GMP ataupun photoshop ditahap ini. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua gambar berada pada posisi yang tepat dalam frame sehingga dapat menghindarkannya dari gambar yang terlalu berombak.
  5. Buka Windows Movie Maker yang ada pada komputermu dan klik gambar impor yang berada pada sudut kanan aplikasi ini.
  6. Impor semua gambar yang sudah dibuat tadi. Pastikan juga urutan dan posisinya.
  7. Klik kanan pada semua gambar yang sudah berhasil di impor.
  8. Kemudian klik add to line yang ada pada bagian pojok kanan atas tampilan aplikasi ini. Lalu akan muncul persegi panjang yang menyatakan ‘video’ pada bagian bawah layar.
  9. Hapus semua gambar pada kolom ‘collection’ tapi tidak dengan gambar yang ada di kolom ‘video’.
  10. Klik ‘7th’ pada kolom ‘video’ tersebut untuk menambahkan efek dalam animasi yang dibuat.
  11. Setelah selesai dan ingin melihat previewnya, Kamu bisa menekan button ‘bermain’ yanga ada di bagian kanan atas.
  12. Lalu pilih export jika ingin menyimpannya dalam device pribadi Kamu.

Mudah bukan? Cara ini bisa dipelajari secara otodidak dan dilakukan di manapun.

Verdant.id Cilukba