Selain tipe 36, 45 merupakan tipe rumah unggulan kekinian yang peminatnya sudah mulai semakin banyak. Sama seperti tipe 36, Anda perlu bereksperimen dengan penataan lahannya agar lahannya yang tidak luas bisa tetap Anda maksimal dengan baik menjadi rumah yang nyaman. Karena itu, Anda perlu mencari inspirasi contoh denah desain rumah tipe 45 untuk Anda terapkan pada hunian baru Anda.

Dengan melihat-melihat contohnya terlebih dahulu, Anda bisa meminimalisir kesalahan dalam mendesainnya, apalagi Anda yang masih awam dan bingung untuk mendesainnya seperti apa. Jangan sembarangan memberikan desain pada tipe 45 karena hanya membuat rumah menjadi tidak nyaman, belum lagi peletakan perabotan yang sembarangan.

Daripada Anda penasaran terus menerus, berikut beberapa inspirasi desain desain tipe 45.

  1. Rumah Tipe 45 dengan 2 kamar (tingkat)

Bagi Anda yang masih lajang atau baru ingin menikah, desain yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Anda tidak perlu memiliki banyak kamar karena 2 kamar saja sudah cukup untuk Anda dan keluarga ke depannya. Di ruang depan setelah pintu masuk merupakan ruang keluarga yang ada baiknya digabung dengan ruang tamu. Selain itu, meja makan sebaiknya diletakan di ruangan tersebut karena konsep yang digunakan adalah konsep ruang terbuka tanpa dinding pembatas lagi.

Sedikit masuk ke dalam, Anda bisa menambahkan ruang tidur utama yang ukurannya tidak terlalu luas. Kemudian lebih ke dalam lagi, barulah Anda tambahkan dapur. Di lantai atas, Anda dapat menambahkan kamar tidur kedua dan kamar mandi di sebelahnya.

  1. Rumah dengan 2 kamar (tidak tingkat)

Kalau Anda ingin lebih minimalis lagi, memiliki rumah 1 tingkat sebenarnya sudah cukup. Di bagian depannya, Anda bisa memberikan ruang tamu yang bersebelahan langsung dengan ruang keluarga. Kalau Anda ingin memisahkannya, jangan lupa pisahkan dengan furniture lemari yang cantik agar terlihat lebih menarik.

Untuk ruang makannya, Anda bisa menyatukannya dengan ruang keluarga. Hanya saja, dapur menjadi agak sempit karena dipakai untuk ruang keluarga. Kamar tidur bisa Anda berikan secara bersebelahan yang dipisahkan oleh kamar mandi di tengahnya.

  1. Rumah 4 kamar

Siapa bilang tipe 45 tidak bisa memiliki 4 kamar? Tentu saja masih bisa, asalkan Anda pintar-pintar menatanya. Ruang tamu dan keluarga ada baiknya Anda jadikan 1 agar lebih hemat ruang. Selain itu, meja makan juga di letakan di ruang yang sama karena masih menggunakan konsep ruang terbuka.

Untuk kamarnya, Anda bisa memberikan 2 kamar tidur di lantai 1 dan 2 kamar tidur di lantai 2. Ruang tidur utama sebaiknya diletakan di lantai 1 karena menandakan pemilik rumah utama yang memegang kendali rumah tersebut.

  1. Rumah Tipe 45 dengan 1 kamar

Bagi Anda yang ingin berencana tinggal sendiri, rumah bertipe 45 dengan 1 kamar juga sangat memungkinkan. Karena hanya memiliki 1 kamar tidur saja, Anda dapat memaksimalkan ruangan-ruangan lainnya menjadi lebih unik dan menarik.

Di ruang tamunya, Anda bisa mendesainnya dengan cara yang unik, yaitu dengan membentuknya seperti seperempat lingkaran. Masih di ruangan yang sama, di ruangan tersebut sebaiknya Anda terapkan konsep pemisah fungsi ruang dengan memakai tangga, karena Anda dapat menggabungkannya dengan ruang makan yang dikombinasikan meja makan dan meja pantry.

Dengan begitu, dapurnya bisa Anda buat lebih luas sehingga Anda pun memasak lebih leluasa.

Masih banyak contoh denah desain rumah tipe 45 yang bisa Anda lihat untuk dijadikan inspirasi. Tidak ada salahnya Anda bertanya ke desain interior maupun eksterior agar Anda bisa lebih memahami desain apa yang ingin diterapkan.