Desain kantor industrial yang keren bisa dipilih dalam berbagai gaya. Beberapa justru menampilkan pipa, balok ataupun langit-langit sebagai ciri baru. Hal tersebut ternyata tidak kalah menarik dibandingkan desain yang menggunakan plafon untuk menutupi komponen-komponen mekanikal dan struktural. Kantor dikenal sebagai sebutan tempat kerja, tetapi sebenarnya mempunyai banyak fungsi.

Kantor yang nyaman akan membantu para pegawai lebih produktif dan menelurkan ide-ide baru. Tumpukan berkas-berkas dan suasana penuh tekanan dapat diminimalisasi dengan arsitektur kantor yang menawan. Berikut ini beberapa inspirasi menarik untuk mewujudkan kantor kekinian dan nyaman.

Tidak menggunakan plafon

Plafon biasanya digunakan untuk membuat kesan ruang bagian atap lebih rapi karena menutup beberapa komponen seperti pipa, balok, kabel, dan lain-lain. Namun, beberapa desain interior untuk kantor sudah banyak yang mendobrak konsep tersebut. Langit-langit yang tidak tertutup plafon ternyata juga keren jika ditata dengan rapi.

Langit-langit, balok, dan ducting/pipa yang diekspos justru menjadi hal yang unik dalam sebuah rancangan desain. Elemen struktural, mekanikal, elektrikal memperlihatkan kejujuran dalam estetika. Keuntungan dari konsep bangunan kantor yang seperti ini yaitu mempermudah pemeliharaan. Namun, ada pula kekurangannya yaitu debu yang langsung jatuh ke bawah. Sehingga peralatan harus sering-sering dibersihkan.

Mix komponen logam, kayu, dan beton

Dalam merancang arsitektur sebuah bangunan, anda harus mempunyai konsep yang jelas. Banyak yang hanya menggunakan kayu saja untuk memunculkan kesan klasik. Desain kantor sekarang ini, banyak yang sudah memadukan ketiganya, dan hasilnya sangat menarik.

Sifat beton yang punya kekuatan dan terlihat kokoh dengan ciri khas warna abu-abu bisa berpadu dengan serat kayu. Sementara kantor yang modern akan terlihat dari material logam. Perpaduan yang sempurna untuk tempat kerja yang kokoh secara struktur, kesan alam dari kayu, dan interior masa kini dari bahan logam.

Baca juga: Cara Mendesain kantor kecil yang nyaman

Material untuk dinding

Dinding merupakan bagian bangunan yang melindungi ruangan dari udara luar seperti panas, hujan , debu, dan lain-lain. Namun ternyata, dinding yang terbuat dari beton, kaca, maupun baja tetap bisa dimaksimalkan untuk sirkulasi udara. Jadi, kesegaran dan perputaran udara yang masuk tidak hanya bergantung pada jendela saja.

Konsep arsitektur baru untuk dinding kantor yaitu memaksimalkan cahaya matahari dan udara alami bisa masuk ke dalam ruang. Tantangan yang bisa dicoba oleh arsitek yaitu penggunaan jalusi yang terbuat dari material logam setara tingginya dengan dinding. Selain itu, anda bisa membuat keunikan sendiri dengan mengekspos dinding bata.

Desain industrial kantor dinamis dari lantai dan tangga

Ada sebuah desain arsitektur yang membuat desain menarik dari sebuah filosofi kreatif dan eyecatching pada bagian interior. Konsep desain industrial bisa dengan memakai lantai berbahan beton yang dipadukan dengan kayu parket. Hal tersebut akan memunculkan efek elegan, modern, ekonomis, dan praktis.

Selain itu, komponen lainnya seperti meja, lampu, pintu, dan furniture juga perlu disesuaikan, sehingga seluruh elemen bagian interior akan terlihat padu. Apabila kantor yang sedang dirancang merupakan bangunan berlantai lebih dari satu. Tangga yang digunakan untuk penghubung dua lantai bisa dipilih dari material beton maupun baja.

Inspirasi desain yang bisa anda pertimbangkan adalah dengan eksplorasi ruang sempit di bawah tangga menjadi sebuah taman buatan. Filosofi yang diusung yaitu ketenangan jiwa dan kesederhanaan.

Merancang sebuah tempat kerja harus mempertimbangkan kenyamanan, estetika, dan kesesuaian dengan bidang industri perusahaan. Anda bisa mencoba beberapa contoh desain dari penjelasan di atas.