Membuat desain kantor yang asik akan membantu mengusir kebosanan para pekerja karena rutinitas bekerja setiap hari. Tata ruang tempat kerja sangat mempengaruhi tingkat produktivitas sehingga mulai banyak perusahaan yang membangun tempat bekerja yang menarik dengan mengusung berbagai tema. Saat ini, ada ruang kerja yang bersifat terbuka dan tertutup.

Kantor ruang terbuka atau ruang tertutup

Kantor yang tertutup merupakan ruangan kerja yang pastinya sering anda lihat dibandingkan jenis tempat kerja tertutup. Beberapa ruang akan memiliki sekat penuh bahkan permanen untuk melindungi privasi dan diharapkan bisa meningkatkan konsentrasi selama jam kerja.

Meskipun beberapa anggapan mengatakan jika jenis ruangan tertutup itu membosankan, tetapi masih banyak diaplikasikan. Hal ini karena beberapa orang memang lebih nyaman mengerjakan sesuatu di sebuah ruangan yang tenang. Kelebihannya yaitu privasi terjaga dan tidak ada gangguan, hikarki jelas, dan bisa membuat seseorang cepat menemukan ide baru.

Sementara ruang yang terbuka akan membuka banyak obrolan antar pegawai. Selama topik yang dibicarakan seputar pekerjaan, maka hal tersebut tetap layak disebut sebagai kelebihan desain terbuka. Biasanya setiap ruang dengan gaya terbuka hanya dibatasi dengan sekat, dan itu tidak menutup seluruhnya.

Keuntungan lain menerapkan konsep ini yaitu biaya lebih ekonomis dan bisa merubah ruang lebih fleksibel. Pegawai bisa saling berinteraksi lebih banyak sehingga bisa membangun tim yang kompak dan tidak individualis.

Ciri desain ruang kantor terbuka

Konsep desain yang digunakan untuk membuat kantor dengan ruangan terbuka tidak membutuhkan banyak sekat. Bahkan beberapa menerapkan ruang kerja tanpa sekat sama sekali seperti ruangan meeting dengan meja tertata memanjang. Setiap pekerja akan diberikan satu komputer saja. Penataannya bisa saja berhadapan.

Tema ruang bergaya ala kafe

Tema asik yang bisa dijadikan referensi yaitu membuat kantor dengan nuansa kafe. Hal ini banyak dipilih karena biasanya seseorang akan nyaman mengerjakan suatu pekerjaan di sebuah kafe. Ketika anda memasuki kantor dengan gaya kafe, maka tidak akan ditemukan sekat untuk meja kerja. Suasana yang terasa benar-benar seperti berada di kedai kopi.

Kesan santai dan nyaman akan membuat para pekerja lebih semangat untuk menuju kantor setiap hari. Dinding ruangan bisa dipercantik dengan wallpaper seperti halnya dapur dalam rumah. Memilih kursi dan meja yang sesuai dan nyaman. Biasanya banyak menggunakan bahan multiplex yang menampilkan serat kayu.

Kantor bertema alami

Apabila perusahaan bergerak di bidang yang bersinggungan dengan alam secara langsung, menerapkan konsep desain alami pada kantor bisa menjadi ide menarik untuk direalisasikan. Setiap orang akan merasa tentram dan nyaman ketika melihat pohon-pohon hijau dan air yang jernih. Anda bisa memanfaatkan unsur kayu untuk mewujudkannya.

Batang kayu, pepohonan, unsur air, dan kursi yang terbuat dari rotan bisa dioptimalkan untuk membuat suasana alam di dalam kantor.

Bertema modern dan minimalis

Tema ruangan modern menampilkan eksterior bangunan dengan gaya arsitektur futuristik dan terus berkembang mengikuti kemajuan zaman. Kantor modern bisa menerapkan sistem ruangan terbuka maupun tertutup sesuai dengan kebutuhan. Apabila lahan yang tersedia tidak luas, konsep minimalis bisa diterapkan dengan penataan interior yang elegan.

Kantor yang memiliki lahan terbatas bukan berarti tidak bisa dibangun dengan konsep yang asik. Desain dan tema yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi inspirasi untuk kantor mungil.