Coffee table merupakan sebutan untuk sebuah meja dengan ukuran  yang tidak terlalu besar yang biasanya terdapat di ruang keluarga atau ruang tamu. Fungsinya untuk meletakkan makanan-makanan kecil dan minuman pada saat bercengkrama dengan keluarga atau tamu.

Selain itu biasanya berfungsi juga untuk meletakan pajangan berupa vas bunga, guci, dan benda dekotatif lainnya. Terdiri dari berbagai macam bentuk untuk memaksimalkan fungsinya. Misalnya seperti penambahan rak pada bagian bawahnya untuk menyimpan beberapa barang penunjang lainnya seperti buku-buku bacaan, majalah, dan lain sebagainya.

Pada umumnya coffee table memiliki ukuran ketinggian dari 40 cm hingga 50 cm. Terdiri dari berbentuk persegi dan persegi panjang. Bentuk persegi memiliki ukuran 80cm x 80cm sedangkan persegi panjang berukuran 120cm x 60cm.

Dengan peletakannya yang berada di antara sofa dan objek furniture lainnya, ini dapat menjadi focal point dari sebuah desain interior ruang keluarga ataupun ruang tamu. Semua benda atau furniture-furniture yang berada di ruang keluarga dan ruang tamu, biasanya cenderung mengelilingi benda ini, layout ini seperti menjadikannya pusat dari ruangan, yang dapat memberi daya tarik tersendri.

Untuk material dan finishing yang digunakan pun bebagai macam, bisa dengan menggunakan material multiplek, MDF, partikel board, besi, kaca, kayu solid, dan lain-lain tergantung dengan konsep dan suasana ruang yang akan dibentuknya. Bentuk nya pun tidak hanya persegi dan persegi panjang, ada pula yang memiliki bentuk lingkaran, oval, dan bentuk-bentuk lainnya. Semua bisa di custom sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Berikut ini akan dibahas beberapa contoh dan bentuk coffee table:

Square coffee table

Square dengan bentuk persegi ini sesuai dengan namanya memiliki ukuran yang sama setiap sisinya. Saat mengaturnya, pikirkanlah luasan ruang tamu. Atur agar menghadap ke empat sudut secara simetris dengan sempurna.

Selain yang sudah disebutkan di atas, table ini juga harus tetap seimbang secara diagonal. Ini berarti satu objek harus berada di sebrang objek tunggal dan beberapa objek dapat diimbangi dengan lebih banyak objek. Benda ini harus memiliki keseimbangan secara simetris dengan sofa maupun kursi yang digunakan untuk ruang tamu.

Rectangle coffee table

Coffee table dengan bentuk persegi panjang ini merupakan bentuk yang paling banyak diminati. Hal itu karena bentuknya yang akan langsung seimbang dengan bentuk layout sofa. Dan bentuk ini juga paling sering kita temui dipasaran.

Round coffee table

Round berbentuk lingkarang ini merupakan bentuk yang paling fleksibel untuk diatur peletakannya. Karena tidak mempunyai sudut dan paling pas untuk diletakan di posisi manapun.

Oval coffee table

Berlawanan adalah kunci saat menata coffee table berbentuk oval. Sebenarnya tidak ada perbedaan berarti dalam menata bentuk oval atau square, hanya saja bentuk oval terasa lebih fleksibel untuk mendapatkan keseimbangan dengan sofa ataupun kursi di ruang tamu. Sama seperti halnya bentuk round.

Dengan adanya cofe table ruang keluarga dan ruang tamu akan menjadi lebih indah dan menarik lagi, bahkan tak jarang menjadi perhatian bila tamu datang kerumah. Oleh karena itu, ada baiknya dalam merancang desainnya disesuaikan dengan desain interior rumah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar adanya keseimbangan antara desain interior rumah dengan coffee table yang akan diletakan di dalamnya.

Sumber: Imaniadesain, Interior desainDekoruang. Verdant.id Ciklukba