Kamar tidur merupakan tempat favorit setelah melakukan berbagai aktivitas di luar atau ketika sedang menghabiskan waktu di rumah. Pasalnya, bukan hanya tempat untuk tidur tetapi berbagai aktivitas lainnya bisa dilakukan di sini. Misalnya saja bersantai, mengerjakan tugas hingga membaca. Dengan berbagai aktivitas tersebut, tentu kita membutuhkan ruangan yang tidak hanya dekoratif tetapi juga fungsional agar bisa menunjang aktivitas-aktivitas tersebut.

Apa itu fungsional? Sesuatu hal yang dirancang untuk mampu melakukan lebih dari satu kegiatan yang praktikal, lebih mengutamakan fungsi dan kegunaan ketimbang hal-hal yang berbau dekorasi atraktif. Sudah kah kamu mempunyai rancangan desain yang akan diterapkan? Nah Verdant Studio akan mengulasnya.

  1. Tempat Tidur Susun

Tak perlu khawatir ketika kamu mempunyai ruangan kamar tidur yang kecil, cobalah terapkan desain seperti ini. Ya, menggunakan tempat tidur susun seperti ini tidak akan memakan ruang dan bisa digunakan untuk dua orang.

Pada bagian headboard juga di desain seperti lemari, didalamnya bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan buku atau barang lainnya. Selain berfungsi sebagai lemari bisa juga digunakan sebagai meja belajar atau meja kerja. fungsional bukan?

2. Kepala Tempat Tidur Sekaligus Tempat Penyimpanan

Lemari untuk pakaian termasuk furniture yang memiliki ukuran besar, sehingga bisa memakan banyak ruang di dalam kamar. Agar kamar tidak terasa penuh maka desain seperti ini bisa kamu terapkan. Tentu saja, dengan desain seperti ini barang-barang atau pakaian yang kita punya tidak akan berantakan, sehingga kamar terlihat lebih rapi.

Baca juga: Trik Mendesain kamar tidur untuk hotel

3. Tambahan Mezzanine

Apa itu mezzanine? Dikutip dari spacestock.com, Mezzanine berasal dari bahasa Italia dengan sebutan “Mezzano” yang memiliki arti tengah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mezzanine merupakan lantai yang berada di tengah-tengah antara lantai utama dan plafon. Area ini bertujuan untuk menambah ruangan tanpa harus menambah jumlah lantai bangunan. Biasanya berfungsi sebagai tempat bersantai, tempat belajar hingga tempat bekerja.

Berbicara mengenai tempat kerja di dalam kamar, desain seperti ini cocok diterapkan. Terutama bagi kamu yang memiliki kamar dengan ukuran kecil. Di sini kamu bisa menempatkan tempat tidur di bagian Mezzanine dan pada bagian bawahnya diletakan tempat kerja.

4. Menciptakan Efek Luas Dengan Cermin

Setiap orang pastinya membutuhkan cermin di dalam kamar tidur, terutama bagi wanita. Selain memiliki fungsi untuk bercermin, bisa juga memberi ilusi agar ruangan terlihat tampak lebih luas. Penggunaan cermin sesuai dengan ukuran dinding bisa menjadi pilihan, lihat lah contoh desain di atas. Diletakan lemari yang memiliki ukuran sepanjang dinding kamar dengan menggunakan pintu kaca. Sehingga kita bisa melihat ruangan tampak dua kali lebih luas.

Uprint, Dekoruma,