Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih, transaksi jual beli pun mulai berubah. Dulu orang membeli barang harus datang langsung ke toko, tetapi kini cukup lewat handphone anda bisa berbelanja secara online dengan mudah dan praktis. Dengan alasan mudah dan praktis inilah banyak orang memilih belanja secara online dibandingkan dengan datang langsung ke toko.

Jika kondisinya demikian maka sebagai pemilik toko harus berpikir kreatif untuk menyusun strategi agar toko tetap ramai dikunjungi pembeli. Strategi yang diterapkan tidak melulu soal persaingan harga tetapi cobalah desain Toko kecil milik anda agar tampilannya lebih menarik. Bahkan jika pembeli yang datang menyukai tampilan desain desainnya, mereka bisa datang lagi dan lagi.

Lantas apa saja tips-tips untuk mendesain toko kecil yang anda miliki. Yuk langsung saja simak pembahasannya!

1. Perhatikan produk dan target market anda

Sebelum memulai untuk mendesain ruangan, anda harus menganalisa terlebih dahulu. Siapa yang datang ke toko? Apakah yang datang lebih banyak perempuan atau laki-laki? dan usianya tergolong anak-anak, remaja atau dewasa? Gampang saja untuk mengetahui target market ini, bisa dilihat dari produk yang anda jual.

Setelah melakukan analisa, baru menentukan desain. Dengan berbekal mengetahui produk dan target market maka desain toko akan lebih sesuai dan tentunya tepat sasaran.

2. Buat fasade desain toko terlihat menarik

Fasade toko sangat menentukan dalam menarik perhatian calon pembeli. Karena mereka pasti pertama kali akan melihat tampilan luarnya. Untuk itu tampilkan produk-produk terbaik yang anda jual sebaiknya di etalase bagian depan desain toko. Jangan lupa juga sesuaikan tampilan eksterior dengan bagian interiornya.

Baca juga: Tips Memilih Wallpaper Dinding Rumah

3. Perhatikan tata letak produk yang di display

Interiornya didesain untuk memudahkan akses calon pembeli saat menjelajah keseluruhan area. Sebaiknya letakan rak display produk dekat dari pintu masuk. Kemudian arahkan untuk melihat-lihat rak display selanjutnya. anda bisa menata rak display berhadap-hadapan dengan memberikan jarak di antara kedua rak. Jarak ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang akses para calon pembeli.

4. Pencahayaan interior

Pencahayaan merupakan elemen penting yang harus anda perhatikan. Mengapa? Karena pencahayaan sangat mempengaruhi tampilan produk yang akan dijual. Anda bisa mengkombinasikan task lighting seperti lampu gantung, lampu sentral, dan lampu-lampu dekoratif yang dipasang pada dinding. Task lighting sebaiknya ditempatkan pada setiap rak display.

5. Lakukan desain toko ulang secara berkala agar desain selalu terlihat fresh

Tidak perlu mengganti tema secara keseluruhan, misalnya ubah saja penataan rak dan produknya serta tambahkan beberapa elemen dekor baru. Hal ini dilakukan agar tidak terlihat membosankan. Dengan pengunjung toko yang tak lain adalah pembeli akan merasa nyaman dan menimbulkan kesan yang baik. Sehingga tak menutup kemungkinan pembeli akan datang lagi.

Sumber: Dekoruma, Omahalit