Sebelum masuk pada tahapan memilih material pelapis lantai kamar mandi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Mengapa? Karena pemilihan lantai kamar mandi ini berbeda dengan lantai ruangan lainnya, butuh perhatian khusus. Kamar mandi selalu identik dengan genangan air baik di bak mandi atau di lantai. Sehingga jika tidak tepat dalam memilih jenis keramik bisa menyebabkan orang terpeleset.

Lalu pertanyaannya lantai keramik seperti apa yang tepat untuk kamar mandi? Pilihlah keramik yang bertekstur atau memiliki permukaan tidak licin. Sedangkan untuk keramik glossy atau yang tidak berterkstur lebih cocok digunakan pada bagian dinding. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas lantai-lantai seperti apa yang aman untuk diterapkan.

1 Motif Batu Alam

Kamu mempunyai konsep kamar mandi yang mewah, elegan dan natural? Cobalah terapkan jenis keramik motif batu alam ini. Seperti halnya batu alam sungguhan, keramik ini memiliki permukaan yang kasar sehingga tidak akan membuat licin. Selain itu dalam proses pemeliharaannya juga sangat mudah untuk dibersihkan.

Ada beberapa jenis batu alam yang cocok digunakan di antaranya batu alam andesit, batu marmer dan batu kerikil.

1) Batu alam andesit merupakan jenis batu alam yang paling banyak digunakan. Tinggal memilih menginginkan warna gelap atau  terang bisa disesuaikan dengan desain yang kamu punya.

2) Batu Marmer sangat cocok digunakan untuk lantai maupun dinding. Dengan menggunakan batu marmer, kamar mandi kamu akan terlihat elegan dan mewah seperti tampak pada gambar di atas.

3) Batu Kerikil, jenis batu alam yang memiliki ukuran kecil-kecil. Batu ini biasanya digunakan pada lantai di bawah shower agar bisa memberikan kesan unik dan natural.

Baca juga: Pilih Lantai Vinyl atau Keramik? Yuk Kenali Karakter Keduanya

2. Koral

Ciri utama dari keramik ini adalah teksturnya yang kasar dan kesat membuat kamar mandi tidak mudah licin. Selain itu, memiliki warna-warna yang terang sehingga menimbulkan kesan cerah terhadap kamar mandi. Maka tak heran jika keramik koral ini sering menjadi favorit banyak orang.

3. Moroccan

Jika kamu ingin mendapatkan keduanya, kenyamanan dan keindahan, maka penggunaan keramik moroccan ini sangat cocok. Selain bisa melindungi dari ancaman terpeleset, juga bisa membuat tampilan kamar mandi lebih eksotik dan indah.

4. Motif Stamford

Motif ini bisa kamu aplikasikan jika menginginkan warna-warna cerah tetapi tetap elegan pada kamar mandi. Keramik ini termasuk jenis anti selip, tentu aman bagi pengguna kamar mandi. Selain itu biasanya sering dipakai juga untuk teras atau kamar tamu, karena motifnya unik dan terkesan eksotik

5. Heksagonal

Untuk menghadirkan kesan artistik pada kamar mandi, kamu bisa memilih lantai motif heksagonal. Tidak hanya terlihat artistik penggunaan kamar mandi heksagonal juga bisa membuat kamu nyaman ketika berada di dalam kamar mandi.

Coudymoody, homify, Decoruma