Sebelum memulai, pastikan anda sudah mempunyai sebuah video yang digunakan sebagai latihan dari tutorial verdant.id kali ini.

Kita mulai dengan tampilan awal di area kerja. Pilihlah Type tool dan klik di layar kerja untuk mulai mengetik kata yang akan di animasikan nanti. Kliklah pada tombol Horizontal Center di dalam Align and Transform yang nantinya teks akan otomatis ke tengah atau di center.

Dengan tombol seleksi aktif, cobalah dengan klik pada rectangle yang berwarna abu-abu dan tarik ke kiri untuk melebarkan layar kerjamu. Jika kamu tidak menyukai hasilnya, tarik kebawah layernya di panel Essential Graphic. Jika sudah, klik kanan pada layer yang berisi garis dan pilih duplikat untuk menambah lebih banyak lagi garis.

Jika kamu kebingungan dengan banyaknya garis, kamu bisa mengubah nama tiap layernya dan itu akan sangat membantumu dalam memilah-milah layer yang akan digunakan.  Atur ulang setiap bagian-bagian dengan mengubah posisinya atau mengatur rotasi. Kemudian aturlah opacitynya agar bisa tembus pandang.

Kemudian zoom out lah pada area kerjamu. Posisikan titiknya dimana kamu ingin animasinya berakhir. Aturlah juga posisi, opacity, scale dan seterusnya hingga kamu merasa puas. Untuk setiap perubahan yang baru kamu atur, kamu bisa klik icon property untuk membuat sebuah keyframe pada setiap pengaturan yang kamu ubah

Sekarang kita lanjut ke bagian awal dari timeline. Atur ulang posisi, opacity, scale dan lainnya hingga sesuai yang kamu inginkan.

Mainkan videonya dan lihatlah berbagai elemen bergerak di background video tersebut hingga menjadi sebuah judul pembuka yang kamu buat tadi.

Sumber: google, Verdant.id Cilukba