Seiring dengan perkembangan teknologi, kini orang bisa menuangkan suatu ide pada sebuah media. Misalnya saja menggambar suatu objek khusunya di bidang kontruksi, arsitek, maupun interior saat ini dipermudah dengan adanya software-software design. Salah satu nya yaitu autocad.

Pada zaman dahulu orang menggambar suatu objek dengan cara menggambar serba menual. Menggunakan gambar teknik dengan peralatan seperti pensil (beragam jenis sesuai dengan ketebalan), penghapus, penggaris (sesuai dengan kebutuhan ) kertas dan lainnya. Tanpa bantuan software seperti pada jaman sekarang ini. Namun pada saat ini di era zaman serba modern orang hanya membutuhkan satu software pc lengkap dengan printer dan kertas sudah bisa membuat gambar kerja dengan cepat.

Autocad merupakan software keluaran dari autodesk yang digunakan untuk membuat suatu objek 2 dimensi maupun 3 dimensi. Seiring dengan perkembangan teknologi, software keluaran dari autodesk ini telah mendapatkan versi terbaru dari versi 1.0 tahun 1982 sampai versi 2019.

Untuk membuat gambar objek di autocad tidaklah sulit. Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu kita harus terlebih dahulu memahami tools atau shorcut yang digunakan untuk membuat objek sesuai kebutuhanya.

Berikut verdant akan jelaskan beberapa cara untuk menggambar objek dalam autocad, yuk langsung saja.

  1. Cara Membuat Line / Garis di Autocad

Cara pertama pada command ketikkan LINE atau L, kemudian enter / bisa juga klik toolbar line.

Tentukan titik point pertama objek kemudian klik di sembarang tempat, geser kursor ke kanan sampai terlihat garsi putus-putus.

Kemuadian masukan ukuran garis yang diinginkan.

  1. Cara Membuat Rectangle/Kotak di Autocad

Pertama pada command ketikkan RECTANGLE atau REC  kemudian enter / bisa juga klik toolbar RECTANGLE

Tentukan titik point pertama objek kemudian klik di sembarang tempat. Geser kursor ke kanan sampai terlihat garis putus-putus.

Kemudian masukan ukuran lebar kotak garis yang diinginkan. Contoh ukuran kotak misalnya 20×30. Kemudian ketikan angka 20, lalu tekan TAB di keyboard dan ketikan 30.

  1. Cara Membuat CIRCLE/Lingkaran di Autocad

Pertama pada command ketikan CIRCLE atau C  kemudian enter/ bisa juga klik toolbar CIRCLE.

Tentukan titik point pertama objek kemudian klik di sembarang tempat, lalu geser kursor ke kanan sampai terlihat garsi putus-putus.

Kemudian masukan ukuran luas diameter/ jari-jari garis yang diinginkan .

  1. Cara Memindahkan Objek Gambar

Pertama blok seluruh objek yang akan di pindahkan, dengan cara mengklik di objek yang akan di blok kemudian geser kursor sampe seluruh objek sudah di blok.

Pada command ketikkan MOVE  atau M  kemudian enter/bisa juga klik toolbar MOVE.

Kemudian tentukan titik dimana objek tersebut akan di pindahkan.

  1. Cara Mengcopy Objek Gambar

Pertama blok seluruh objek yang akan di pindahkan, dengan cara klik di objek yang akan di blok kemudian geser kursor sampai seluruh objek sudah di blok.

 

Pada command ketikkan COPY  atau C  kemudian enter/ bisa juga klik toolbar COPY

Kemudian tentukan titik dimana objek tersebut akan di COPY.

  1. Cara MIRROR Objek Gambar

Pertama blok seluruh objek yang akan di MIRROR dengan cara mengklik di objek yang akan di blok, kemudian geser kursor sampai seluruh objek sudah di blok.

Pada command ketikkan MIRROR atau MI  kemudian enter/ bisa juga klik toolbar MIRROR. Kemudian tentukan titik dimana objek tersebut akan di MIRROR berdasarkan ujuk titik objek.

  1. Cara SCALE Objek Gambar

Pertama blok seluruh objek yang akan di SCALE dengan cara klik di objek yang akan di blok, kemudian geser kursor sampai seluruh objek sudah di blok.

Pada command ketik SCALE atau SC  kemudian enter/ bisa juga klik toolbar SCALE

Setelah itu masukan ukuran seberapa besar/ kecil objek tersebut akan di scale.

contoh : Misalnya kita akan memperkecil gambar 2x. Maka kita harus memasukan ukuran/ mengetikan 1/2 pada command. Kemudian klik enter maka objek tersebut akan mengecil setengahnya dari ukuran aslinya sebelum di scale.

Sekian tutorial dasar yang dapat di sampaikan pada artikel verdant kali ini. Semoga bermanfaat bagi pemula pengguna software autocad.

Sumber: Cilukba Verdant.id