Di dalam Software Zbrush, terdapat banyak sekali menu yang ditampilkan. Salah satunya adalah polymesh. Taukah anda apa itu polymesh? Polymesh adalah model 3D yang terdiri dari poligon-poligon. Di Zbrush sendiri hanya terdapat polymeshes yang dapat di sculpt.

Load Tool

 

Berfungsi untuk load sebuah file kerja yang sebelumnya kita kerjakan. File yang dapat di load adalah yang berformat ZTL. Selain itu dapat juga berupa model 3D (termasuk Subtools) atau tools 2.5D seperti Simple Brush.

Save Tool

Menyimpan hasil file kerja kita ke harddisk dalam format ZTL.

Copy Tool

Tombol Copy Tool akan meng-copy-kan Tool apapun ke memory, untuk menempatkan hasil copy-an gunakan tombol Paste Tool. Sebuah Tool dapat di copy diantara beberapa project

Paste tool

Tombol Paste Tool akan menempelkan Tool apapun yang sudah di copy kedalam Tool pallete

Import

Import tool berfungsi untuk mengimporkan sebuah objek 3D dari file OBJ. Jika file berupa format lain misalnya 3DS maka tidak akan bisa.

Export

Dengan Export Tool kita dapat mengeksporkan sebuah 3D tool dalam format yang bermacam-macam. Modifiers untuk tool Export dapat kita temukan di Tool > Export  menu. Sebuah Objek 3D dapat di impor kedalam Tool palette menggunakan tombol import.

Clone

Clone berfungsi menggandakan dengan hasil yang sama persis. Jika mesh menggunakan HD Geometry maka tidak akan bisa digandakan.

Make Polymesh3D

Tombol Make Polymesh3D yaitu membuat sebuah objek polymesh baru yang mana secara geometri sama persis (dengan dimensi yang sama dan resolusi polygon yang sama pula) ke 3D primitive yang sudah diseleksi. Objek yang baru ditambahkan ini akan masuk di Tool palette. Primitive Object bergantung pada matematika data (ukuran dan banyaknya data diukur berdasarkan angka yang ditentukan)  untuk menentukan bentuk mereka, dan dapat direset dengan menyesuaikan slider pada zbrush.

Polymesh objek dapat bertekstur dan dimanipulasi dengan cara yang unik. Khususnya, objek-objek tersebut dapat diatur dengan beberapa resolusi mesh sehingga membuat objek tersebut sangat fleksibel dan diatur sedemikian rupa.

GoZ

Fungsi dari GoZ ini adalah memindahkan objek 3D yang sedang dikerjakan ke program lain secara langsung.

All

Dengan menggunakan All, maka subtools yang terdapat di area kerja akan ikut di pindahakan ke program 3D lain.

R

Berfungsi untuk mengatur ulang atau reset seluruh konfigurasi yang ada.

Sekian untuk pengenalan dari fungsi tools polymesh, semoga bermanfaat.

Sumber: Pixologi. Verdant.id Cilukba