Air merupakan sumber dari kehidupan. Hal itu dapat dilihat dari sejarah yang masih terekam hingga sekarang yaitu banyaknya hunian disekitaran sungai. Bahkan di beberapa daerah di dunia air bersih lebih berharga dari setumpuk uang. Menyambung dari pembahasan verdant.id mengenai rain harvesting system, peran dari multimedia filtertidak kalah pentingnya.

Multimedia Filter

Apa itu multimedia filter? Pada bahasan kali ini verdant.id akan mencoba menjelaskan mengenai multimedia filter. Sebelum ke pokok pembahasan, fungsi utama filter adalah sebagai penyaring. Berupa partikel padat yang bersifat berbahaya terutama saat partikel tersebut banyak masuk kedalam tubuh kita.

Filter Multimedia/Multi Media Filtration (MMF) adalah proses penyaringan bertekanan tinggi dengan menggunakan tiga atau lebih media yang berbeda. Media yang biasanya dipakai adalah coal anthracite, pasir, dan garnet. Coal anthracite berguna untuk menangkap kotoran yang lebih besar yang akan terperangkap pada lapisan paling atas filter. Pasir berfungsi untuk menangkap partikel kotoran yang lebih kecil. Sedangkan garnet berfungsi untuk mengalirkan air ke diffuser dan keluar dari filter.

Perbedaan diantara media-media yang dipakai biasanya tergantung dengan perbedaan ukuran dan massa jenis. Keuntungan dari Filter Multimedia dibanding penyaringan konvensional yang menggunakan pasir adalah dapat menyaring lebih banyak partikel-partikel sebelum membutuhkan proses backwashing.

Cara untuk menaruh Media yang tepat adalah media yang besar dan ringan akan ditaruh di paling atas, dan seterusnya sampai paling berat dan kecil ditaruh di paling bawah. Pengaturan seperti ini memungkinkan partikel-partikel yang ada di dalam air yang akan di proses tersaring sesuai dengan ukuran. Partikel besar akan tersaring diatas sampai partikel-partikel kecil akan tersaring di bawah. Ini akan meningkatkan penyaringan partikel yang ada dan menambah jangka waktu penyaringan sebelum backwashing dibutuhkan.

Backwashing

Media penyaringan yang telah dipakai lama kelamaan akan buntu juga dan memerlukan pemeliharaan. Masalah ini dapat dilihat dari penuruan tekanan/pressure drop yang tinggi atau naiknya level kekeruhan dari air yang keluar dari Filter MultimediaBackwashingharus dilakukan jika perbedaan penurunan tekanan lebih dari 10 psi sepanjang media penyaringan. Jika kekeruhan pada air yang sudah disaring naik sampai 10% dari biasanya, backwashing juga harus dilakukan.

Backwashing dilakukan dengan cara mengalirkan air secara terbalik melalui Filter MultimediaBackwashing berguna untuk membersihkan partikel partikel yang tersangkut di Media penyaringan. Setelah backwash dilakukan, Media penyaringan dibiarkan untuk mengendap selama beberapa waktu sebelum di bilas dan beroperasi kembali. Seiring waktu, partikel dari media penyaringan yang permukaannya kasar akan menjadi halus dan mengurangi kemampuan untuk menyaring secara optimal dan harus diganti secara berkala.

UV Treatment

Pada tahap ini air masih belum dapat dikonsumsi langsung dari keran. Masih perlu 1 tahap lagi agar air dapat langsung di konsumsi, yaitu penambahan UV (ultra violet) treatment. Apa itu UV treatment? Mungkin pernah kita lihat pada kios air isi ulang, ruangan yang memiliki warna lampu kebiru-biruan. Hal itu lah yang di sebut sebagai UV treatment, dan dapat kita aplikasikan di rumah pribadi. Hanya saja tidak seperti pada kios air isi ulang dengan lampu yang mencolok. Sinar UV yang digunakan juga berfungsi sebagai disenfektan terhadap bakteri dan kuman dalam air. Maka dari itu air yang telah melalaui UV treatment dapat langsung dikonsumsi. Hanya saja perlu dilakukan maintenance atau pengecekan kelayakan setiap 6 bulan sekali agar kualitas air tetap terjaga.

Berdasarkan pembahasan tersebut untuk multimedia filter dan UV treatment sudah banyak diterapkan di rumah-rumah di luar negri. Di Indonesia terutama Bali sudah mulai banyak yang menggunakan system ini. Hal ini dikarenakan makin hari makin banyaknya permasalahan tentang air, terutama air bersih. Belum lagi dengan kondisi pemanasan global yang membuat cuaca penghujan tidak terprediksi. Sehingga dengan pembahasan sistem ini diharapkan dapat membantu dalam menanggulangi krisis air bersih di era mendatang.

Sumber: Verdant.id Cilukba SolusiWaterSolusiair.