Dunia 3D saat ini mulai menjadi sorotan di masyarakat, khususnya generasi muda. Saat ini sudah banyak yang mulai tertarik dan bahkan sampai mempelajari dunia 3D. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan akan 3D semakin meningkat. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak bermunculan studio desain yang beberapa berfokus pada 3D modeling untuk berbagai kebutuhan pasar.

Keahlian yang harus dimiliki jika ingin menciptakan 3D desain yang menarik adalah dengan belajar bagaimana cara pemberian material dan Rendering. Kemampuan Modeling yang baik, tidak akan sempurna bila kurang memahami proses tersebut, karena di sini terdapat pengaturan cahaya, warna, material, tekstur dan detail-detail lainnya. Hingga sampai pada hasil Rendering, dimana sebuah desain mentah masuk pada proses pembuatan gambar hasil akhir.

Salah satu program untuk pemberian material dan Rendering adalah KeyShot, karena dengan aplikasi ini hasil desain model 3D dapat terlihat menjadi realistis atau tampak seperti aslinya.

Setelah berhasil belajar mengenai Cara Import. Berikut langkah awal dalam pemberian material sederhana untuk model 3D pada KeyShot :

  1. Setelah file berhasil di Import, saatnya pemberian material

  1. Pada kolom ‘Scene’ klik tanda + (plus) untuk membuka layer per bagian pada model

 

  1. CTRL+A (untuk select semua layer) > ‘Unlink Material’ (agar ketika pemberian material hanya bagian itu saja yang diberi material, karena settingan default nya jika kita memberi material salah satu bagian, maka semuanya ikut berubah)

  1. Atau bisa juga dengan ‘Drag and Drop’ material pada salah satu bagian model 3D nya.

Caranya, pada kolom Library > klik pada pilihan Material di sebelah kiri > Lalu Drag and Drop material, colors, textur, environment, dll. yang diinginkan pada salah satu bagian model tersebut.

  1. Untuk mengatur settingan teknis nya, kita bisa memilih bagian mana yang akan kita edit. Bisa dengan klik bagian pada model tersebut atau bisa juga pada dengan memilih pada layer yang tepat sesuai bagian yang diinginkan.

Setelah terseleksi > Klik kolom Material di sebelah kanan atau bisa dengan Double Klik pada layer yang diinginkan.

  1. Maka akan muncul tampilan untuk manual editing

Untuk merubah warna bisa klik pada bagian kotak warna > Lalu setting sesuai keinginan.

 

Demikian cara memberikan material sederhana pada KeyShot. Setelah ini pengaturan settingan tergantung feel masing-masing orang.

Cilukba Verdant.id