Anda pasti sering melihat film animasi, bukan? Jenis film tersebut merupakan hasil gambar yang diolah dari tangan pembuatnya yang merubahnya menjadi gambar yang bisa bergerak. Selain itu, masih ada pengertian animasi menurut para ahli lainnya yang berkaitan satu sama lainnya.

Pengertian animasi yang lainnya yaitu olahan gambar yang bisa bergerak yang dihasilkan oleh berbagai kumpulan objek, baik itu tulisan, gambar makhluk hidup, dan sebagainya yang sudah tersusun dengan rapi dan berurutan. Sedangkan yang lainnya lagi mengartikan kalau animasi merupakan kumpulan dari berbagai olahan gambar yang sudah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menjadi gambar yang bergerak.

Teknik Membuat Animasi

Cara membuat animasi tergantung dari teknik pembuatannya. Ada berbagai macam teknik yang digunakan untuk membuat animasi. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Animasi cell

Teknik ini merupakan teknik animasi yang paling jadul karena pertama kali digunakan saat awal mulanya muncul film animasi. Dengan teknik ini, animator akan membuat lembaran-lembaran dengan latar animasi yang tunggal dan bagian-bagiannya terpisah satu sama lainnya. Cara tersebut tentu membuat masing-masing objeknya bergerak mandiri tanpa mengikuti latar belakangnya.

  1. Animasi frame

Teknik ini adalah yang paling sederhana. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan ujung lembaran buku. Buatlah objek di masing-masing halaman dan buka dengan jempol Anda. Maka akan terlihat gambar yang bergerak.

  1. Animasi sprite

Di teknik sprite, gambar tetap bergerak tapi latar belakangnya tidak bergerak sama sekali. Intinya, bagian animasi ini bergerak tanpa dipengaruhi oleh latar belakang maupun objek yang digunakan. Contohnya saja burung terbang dengan layar belakangnya langit yang tetap diam.

  1. Animasi path

Kalau animasi path, animator menciptakan animasi yang objeknya hanya bergerak sesuai dengan garis kurva yang dibuatnya seolah-olah seperti memiliki lintasan tersendiri. Biasanya teknik ini membutuhkan looping agar terlihat bergerak terus menerus.

  1. Animasi karakter

Teknik animasi yang satu ini sudah jauh lebih modern dan sering kali digunakan saat membuat film kartun. Hampir keseluruhan bagian yang terdapat di film tersebut terlihat bergerak bersamaan karena sudah menggunakan visual efek yang direncanakan sedemikian rupa.

Bagi Anda seorang animator, pasti sudah tidak asing lagi membuat animasi. Anda yang masih belajar tidak ada salahnya bertanya ke mereka yang sudah lebih ahli. Siapa tahu Anda bisa menciptakan kreasi film animasi sendiri yang dikenal masyarakat.

Verdant.id Cilukba