Saat mendekorasi sebuah ruangan kita seringkali kebingungan ketika ruangan masih terasa lowong atau luas, namun seluruh kebutuhan ruang sudah terpenuhi. Untuk mensiasati hal tersebut kita dapat memanfaatkan console table atau meja konsol sebagai furnitur penambah yang juga dapat mempercantik ruangan. Meja konsol merupakan sebuah meja dengan ukuran yang tidak terlalu lebar seperti meja-meja lainnya. Sehingga dapat diletakan di ruangan mana saja yang berfungsi sebagai meja display ataupun elemen dekoratif.

Meja konsol dapat digunakan untuk menutupi kekurangan sebuah ruangan. Selain itu dapat juga digunakan sebagai pelengkap. Misalnya, diatasnya dapat kita gunakan untuk menyimpan pajangan-pajangan seperti vas bunga, guci, lampu meja dan artwork lainnya. Biasanya dinding pada bagian atas meja konsol ini dapat disimpan juga pajangan dinding dapat berupa lukisan-lukisan atau cermin.

Pada umumya meja konsol diletakan di area depan rumah tepatnya yaitu di area kosong menuju ruang tamu. Namun tidak salah juga apabila diletakan di ruangan-ruangan lain, karena meja konsol sangatlah cocok untuk ditempatkan di bagian mana saja. Hal menarik lainnya dari meja konsol adalah sifatnya yang multifungsi.

Selain digunakan untuk meja pajangan atau display, dapat juga difungsikan sebagai tempat untuk penyimpanan benda-benda berukuran kecil. Seperti kunci mobil atau berbagai kunci lainnya, gunting kuku, dan benda-benda kecil lainnya. Untuk mendapatkan sifat multifungsi dari meja tersebut,  maka anda harus memilih yang memiliki laci untuk menyimpan benda-benda tersebut.

Dari segi penempatan

Terlebih dahulu, kita harus menentukan penempatan mejanya. Jika akan menempatkannya di ruangan yang sempit seperti lorong atau koridor sebagai tempat penyimpanan kunci atau majalah, pilihlah bentuk meja dengan ukuran yang kecil dan desain yang ramping agar tidak terlalu banyak memakan tempat.

Contoh lain penempatan, misalnya di ruang keluarga. Meja bentuk ini di ruang keluarga biasanya digunakan untuk meletakan foto keluarga atau identitas penghuni rumah. Selain di ruang keluarga, juga dapat ditempatkan di kamar atau ruang kerja pribadi. Letakan pada salah satu sisi dinding yang masih kosong. Disana anda dapat menyimpan meja konsol yang berungsi untuk meletakan buku-buku bacaan yang sering atau sedang dibaca, majalah, koran juga bisa ditambahkan dengan lampu baca.

Disamping meja tersebut juga bisa ditambahkan dengan kursi santai untuk mendukung aktifitas baca tadi. Selain itu, juga dapat dieletakan di area dapur atau ruang makan yang dapat difungsikan untuk menyimpan piring, gelas, cangkir yang sekiranya sering digunakan, pajangan-pajangan keramik, dan juga vas bunga untuk mempercantik ruang makan anda.

Ukuran

Faktor yang harus diperhatikan dari penggunaan meja ini adalah ukurannya. Jangan sampai terlihat dominan atau terlalu besar pada sebuah ruangan. Karena meja ini pada umumnya diletakan bersamaan dengan furnitur lain. Standar ukurannya adalah tinggi sekitar 70-90 cm, lebar 40-50 cm, dengan panjang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Materialnya

Saat memilih material, anda harus menyesuaikan dengan tema ruangannya. Misalnya untuk ruangan yang bergaya industrial, ada dapat menggunakan meja konsol yang sederhana berbahan besi dan kayu.

Meja konsol akan membuat ruangan lebih cantik apabila kita dapat mengolah nya dengan baik. Furniture ini akan sangat membantu anda dalam mengisi ruangan dengan pemilihan bentuk dan desain yang bagus. Sesuai dengan tema ruangan, juga dibantu dengan elemen dekoratif yang disimpan di atasnya.

Sumber: RidwanRumahkuEconomyMedia Rooang. Verdant.id Cilukba