Saat ini cat rumah anda mulai terlihat kusam? Mungkin usianya sudah lebih dari lima tahun atau mungkin dulu kurang tepat dalam memilih merek cat. Asal warna sesuai dan murah saja. Tetapi setelah diaplikasikan tidak dapat bertahan lama. Rugi bukan jika memilih cat seperti ini, harus keluar uang lagi untuk cat ulang.

Maka dari itu jika warnanya ingin terlihat lebih keren dan awet harus mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya saja kombinasi warna yang diinginkan dan kualitas dari produk yang akan dibeli.

Tak perlu khawatir dalam memilih cat tembok berkualitas, verdant.id akan merekomendasikan cat-cat merek apa saja yang sekiranya dapat bertahan lebih lama dan tentunya terdapat beragam pilihan warna. Berikut ulasannya.

1. Cat Tembok Dulux Catylac

dulux.co.id

Dulux Catylac Emulsion merupakan cat emulsi yang mempunyai daya tahan tinggi dengan hasil lapisan akhir yang halus. Cat tembok ini cocok diaplikasikan untuk semua permukaan tembok dalam (interior) termasuk pasangan bata, semen, plaster dan papan gypsum.

Sifat dari cat ini memiliki daya tahan terhadap air, mempunyai toleransi pada tingkat kelembaban udara normal untuk permukaan dalam dan tahan terhadap pencucian secara normal. Namun, tidak direkomendasikan untuk ruangan dengan kondensasi uap yang tinggi contohnya kamar mandi atau dapur.

Cara penggunaannya

Pengenceran

Dengan menggunakan kuas atau rol, untuk pengisian permukaan baru atau asli, encerkan dengan 1 bagian air bersih pada bagian cat (20%). Cara semprot konvensional, tambahkan 1 bagian air bersih pada 5 bagian cat (20%). Alat semprot tanpa udara (airless spray), tambahkan 1 bagian air bersih pada 10 bagian cat (10%).

Daya sebar teoritis

Daya sebar teoritis pada kondisi normal adalah 7-10 m2/kg

Waktu pengeringan

Kering sentuh, bergantung pada suhu dan kelembaban sedangkan waktu pengeringan untuk lapis ulang membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam tergatung pada kondisi cuaca.

2. Nippon Paint

nipponpaint-indonesia.com

Nippon Paint Vinilex merupakan cat berbahan dasar resin kopolimer vinyl akrilik yang berkualitas tinggi. Memiliki keunggulan tahan disikat 1200 kali, warna tahan lama, anti pudar, anti – jamur, cepat kering dan minimal cipratan ketika aplikasi.

Nippon vinilex ini bisa digunakan untuk dinding interior maupun eksterior. Selain itu bisa juga digunakan untuk langit-langit berbahan dasar asbes, batako, beton, papan dan mortar.

Cara penggunaannya

Pengenceran: 5 – 20% air bersih

Aplikasi: kuas, roll atau spray

Daya Sebar Teoritis: 10 m2/kg/lapis.

Waktu pengeringan

Kering sentuh: 15 menit

Kering keras: 1 jam

Interval pengecatan selanjutnya 2 jam.

Baca juga: Inspirasi Cat Interior Rumah Minimalis, Keren Abis

3. Cat Tembok Jotun Jotaplast

jotun.com

Jotun jotaplas ini bisa digunakan untuk mengecat dinding dan langit-langit interior rumah kamu. Diformulasikan dengan bahan pengikat akrilik termodifikasi yang bisa menutup permukaan dinding dengan praktis dan harga yang terjangkau.

Jotaplast 100% bebas dari bahan kimia berbahaya seperti APEO, formaldehida dan logam berat.

4.  Avitex

avianbrands.com

Avitex Emulsion merupakan cat tembok berbahan dasar styrene acrylic emulsion yang diproduksi dengan menggunakan pigmen pilihan. Avitex ini hadir dengan formula baru sehingga warnanya bisa tahan lama.

Cat tembok ini direkomendasikan untuk jenis tembok dalam ruangan dan untuk jenis permukaan tembok beton, plaster, fiber atau plafon.

Cara penggunaan:

Pengenceran

Pastikan produk telah diaduk dan tercampur secara sempurna sebelum digunakan. Encerkan produk dengan meggunakan air maksimum 20 % untuk lapisan pertama dan maksimum 10% untuk lapisan kedua.

Waktu kering

Waktu kering sangat tergantung pada ketersediaan sirkulasi udara, suhu ruangan, kelembaban lapisan film cat serta jumlah lapisan cat.

Kering sentuh, kurang lebih 1 jam. Kering sempurna 2-4 jam, sedangkan untuk waktu kering untuk pengecatan lapisan berikutnya minimum 2 jam.

5. Mowilex

mowilex.com

Emulsion VIP merupakan cat tembok untuk ruangan dalam (interior) dengan tingkatan kualitas tinggi. VOC yang rendah memberikan warna putih murni cemerlang, kemudian di tinting untuk menghasilkan rumpun warna off white dan corak natural. Emulsion VIP juga memiliki berbagai fitur yang menjadikan aman dan efektif sehingga tahan lama dan memberikan kenyamanan.

Bisa digunakan untuk permukaan dinding batu (beton dan batu bata), gipsum, papan semen fiber, papan dinding, plester dan kayu yang baru atau sebelumnya sudah di cat, besi yang sudah disiapkan atau sebelumnya sudah dicat.