Bagi kaum perempuan membersihkan rumah merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan setiap harinya. Mulai dari Menyapu, Mengepel lantai, mengelap kaca hingga membersihkan plafon atau langit-langit rumah. Namun dari semua aktivitas tersebut yang paling sering terlewatkan yaitu membersihkan plafon rumah. Mengapa demikian? Pasalnya plafon rumah merupakan bagian yang tidak mudah untuk dibersihkan. Padahal faktanya banyak debu dan kotoran yang hinggap. bahkan tak jarang kita juga menemukan sarang laba-laba saking tidak pernah dibersihkan.

Tidak harus setiap hari kamu membersihkannya, minimal dalam dua minggu atau satu bulan sekali. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara membersihkan plafon dari kotoran-kotoran? Nah di sini verdant akan memberikan tips dan trik nya, agar memudahkan dalam pengerjaanya. Yuk langsung simak saja caranya.

1.  Kamu harus mengenali dulu jenis plafon rumah

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui jenis atau material plafon yang digunakan. Apakah menggunakan material triplek, gypsum, kayu, metal, eternit atau GRC. Perlu kamu ketahui, setiap jenis material plafon terkadang dalam perawatannya tidak sama. Jenis material ini harus dikenali agar bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan dan tidak mudah rusak dalam pelaksanaanya.

2. Persiapkan alat dan bahan

Jarak plafon dengan lantai biasanya sekitar 2,5 meter sampai 3,5 meter. Karena tinggi itulah perlu alat khusus untuk membersihkannya. Tak sulit untuk membuat peralatannya, kamu bisa merangkainya sendiri. Sediakan gagang sapu yang panjang, bisa membeli di toko perabot rumah tangga atau bisa menggunakan alat untuk mengganti lampu. Kemudian siapkan sapu ijuk, tali rafia dan karet.

3. Cara Membuat peralatannya

Setelah peralatannya terkumpul, baru mulai untuk merangkainya. Ambil gagang sapu kemudian tempelkan sapu ijuk pada ujung gagang, Sambungkan keduanya dengan menggunakan tali rafia dan karet sebagai pengencang. Pastikan ikatan gagang dan sapu ijuk kencang agar tidak mudah lepas dari gagangnya. Jika sudah dipastikan, alat pembersih pun siap digunakan.

4. Bersihkan Plafon

Alat tempur sudah siap, saatnya bersihkan plafon. Kamu cukup menggoreskan sapu pada bagian langit-langit yang kotor, mulai dari pojokan-pojokan yang banyak debunya hingga bagian tengah. Jangan lupa juga bersihkan sela-sela lampu gantung biasanya banyak kotoran yang menumpuk di sana. Ulangi hingga dua kali agar benar-benar bersih.

Jika ada bagian yang tidak bisa dijangkau, kamu bisa menggunakan kursi atau meja sebagai tumpuan untuk menjangkau bagian tersebut. Jangan segan untuk meminta bantuan orang lain untuk memegang meja atau kursi tersebut agar kamu tidak jatuh.

Demikianlah tips dan trik membersihkan plafon rumah. Ingat ya bersihkan secara rutin agar rumah lebih nyaman dan indah terutama ruangan yang sering terlihat orang seperti ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan.

Liputan6, Rumahlia, Pembantu.