Kursi merupakan salah satu perabotan yang sudah banyak digunakan, bahkan sejak zaman dahulu. Kegunaannya yang utama adalah dipakai untuk tempat duduk. Berdasarkan fungsinya masing-masing, dibedakan ke dalam beberapa jenis. Ada kursi makan, kursi untuk santai, kursi kantor, bahkan kursi yang digunakan oleh kebanyakan wanita untuk merias wajah. Semua jenis itu bisa digunakan memerlukan bahan dasar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kecantikannya dalam menghias ruang. Salah satu jenis bahan dasar yang biasa digunakan adalah kayu.

Membuat desain kursi kayu yang bagus bisa dengan menggunakan beberapa jenis kayu. Berikut ini penjelasannya.

  1. Kayu jati

Jenis kayu pertama yang cukup baik digunakan untuk membuat kursi adalah kayu jati. Kayu jati terkenal dengan kualitasnya yang kokoh dan tahan lama sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Selain kokoh dan tahan lama, kayu jati memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri.

Pertama, warna cokelat yang dihasilkan oleh kayu jati dapat memberikan kesan mengkilap. Hal ini tentu saja akan menambah kesan menawan yang ditampilkan. Kekuatan yang dimiliki oleh kayu jati adalah bahwa jenis kayu ini tidak mudah lapuk dan tidak mudah diserbu rayap. Kayu jati juga merupakan salah satu jenis kayu yang tahan air sehingga sangat cocok bila digunakan sebagai bahan dasar membuat kursi, apalagi kursi yang memiliki desain minimalis.

  1. Kayu mahoni

Jenis kayu selanjutnya yang memiliki kualitas yang hampir sama dengan kayu jati adalah kayu mahoni. Kayu jenis ini memiliki warna cokelat kemerahan yang membuatnya semakin menawan bila dibuat menjadi kursi. Bila dibandingkan dengan kayu jati, kayu mahoni memiliki serat yang lebih halus. Kelebihan yang dimiliki oleh kayu mahoni mengakibatkan harga jual yang dimiliki oleh perabotan dengan bahan dasar kayu mahoni menjadi lebih tinggi bila dibandingkan dengan modal awal pembuatannya.

Baca juga: Membuat Desain Standing Lamp yang Unik

  1. Kayu nyatoh

Bila anda ingin membuat kursi dengan berbagai ragam aksen lurus, kayu nyatoh adalah pilihan yang tepat untuk anda lakukan. Hal tersebut dikarenakan kayu nyatoh memiliki serat yang lebih lurus bila dibandingkan dengan jenis kayu yang lain. sama seperti jenis kayu pada umumnya, kayu nyatoh memiliki warna berupa cokelat kemerahan. Permukaan kayu ini lebih halus sehingga nyaman untuk digunakan sebagai bahan dasar membuat kursi. Keunggulan lain yang dimiliki oleh kayu nyatoh adalah kualitasnya yang tahan terhadap serangan rayap. Jadi, desain yang terbuat dari jenis kayu ini semakin memiliki kualitas yang tinggi.

  1. Kayu akasia

Salah satu jenis kayu yang memiliki tampilan mirip dengan kayu jati adalah kayu akasia. Kayu ini memiliki karakter yang sangat kokoh layaknya kayu jati. Sayangnya bila anda mempertimbangkan untuk membuat kursi dari kayu akasia adalah kayu ini tidak tahan menghadapi suhu yang lembab sehingga sangat mudah terserang jamur. Namun, anda tidak perlu merasa khawatir, sebab kayu akasia merupakan salah satu jenis kayu yang cukup ampuh menandingi serangan serangga.

Beberapa jenis kayu yang telah disebutkan bisa anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan jenis kayu apa yang sebaiknya digunakan untuk membuat kursi sesuai dengan keinginan anda. Tentu saja anda perlu melakukan konsultasi dengan orang yang lebih paham agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Dengan melakukan konsultasi, anda bisa menjadi lebih paham kayu mana yang sekiranya cocok untuk dipakai.