Aplikasi pembuat animasi android semakin sering diunduh generasi masa kini. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya film animasi yang keren sehingga banyak orang menjadi tertarik untuk bisa menciptakan karya animasinya sendiri. Anda bisa langsung menerapkan langkah membuat film animasi melalui smartphone dengan mencoba beberapa aplikasi yang dapat digunakan di android.

Film animasi android 2D Cartoon animation

FlipaClip Cartoon Animation merupakan aplikasi populer yang bisa didapatkan secara gratis melalui Play Store. Banyak tools yang akan membantu pengguna menciptakan animasi yang keren. Sebagai pemula, tidak ada salahnya menciptakan animasi 2D terlebih dulu dengan mengikuti setiap poin di bawah ini.

  1. Buka aplikasi FlipaClip yang sudah terinstal, lalu tekan ikon (+) atau new untuk lembar kerja baru.
  2. Mulailah dengan memberi judul project animasi
  3. Tentukan background yang cocok dari aplikasi maupun galeri smartphone.
  4. Atur ukuran kanvas video dari pilihan yang ada.
  5. Pengaturan frame atau sering disingkat fps. Ukuran idealnya berkisar 11 sampai 13. Kemudian, create object.
  6. Lakukan pengeditan objek animasi dengan beragam tools yang tersedia di dalam kotak merah atas. Kotak tengah merupakan tampilan animasi, sementara kotak bawah merupakan potongan scene video animasi tersebut. Pengguna harus menggambar setiap scene untuk pergerakan objek.
  7. Menentukan panjang durasi film animasi sesuai kehendak anda. Dalam contoh yang ada dalam default aplikasi FlipaClip. Animasi berdurasi 2 detik membutuhkan gambar scene sebanyak 32 scene.
  8. Lihat preview dengan menekan Play yang letaknya di bawah. Anda bisa langsung melihat hasilnya. Apabila sudah sesuai dengan harapan, silahkan lanjut dengan rendering.
  9. Video animasi buatan anda sudah dapat dilihat.

Langkah-langkah sederhana untuk menciptakan animasi 2D dari android tersebut dapat anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Selain animasi 2D, ada juga animasi 3D yang bisa dibuat menggunakan android. Anda bisa mencoba aplikasi Anime It!. Perlu kesabaran dan ketelitian karena setiap gerakan bergantung pada banyaknya scene. Semakin banyak akan lebih halus gerakannya.

Itulah tutorial simpel untuk membuat Film Animasi 2D, Selamat mencoba

Verdant Studio Cilukbaa