Menu

Verdant.id

Informasi Arsitektur, Desain & Animasi Indonesia

Calendar

Nov
24
Ming
Recycle Fashion Competition @ Grand City Mall Surabaya
Nov 24 all-day
Recycle Fashion Competition @ Grand City Mall Surabaya

Recycle Fashion Competition Grand City Surabaya

Konten Event :

  • Fashion Competition
  • Make Up Competition

FASHION COMPETITION

  • Syarat dan ketentuan:
    • Terbuka Untuk Umum
    • Pria/Wanita, Usia 15-50 Tahun
    • Rancangan menggunakan bahan-bahan daur ulang (Koran, karung goni, karung tepung, Plastik,dll)
    • Menyediakan model peraga rancangan
    • 1 orang membuat 1 Design rancangan, Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Hadiah :
    • Juara 1 : Rp 1.500.000 + Trophy + Certificate
    • Juara 2 : Rp 1.000.000 + Trophy + Certificate
    • Juara 3 : Rp 600.000 + Trophy + Certificate
  • Batas pendaftaran sampai tanggal 1 November 2019

MAKE UP COMPETITION

  • Syarat dan ketentuan:
    • Terbuka untuk Umum
    • Pria/Wanita, Usia 15-50 Tahun
    • Wajib membawa Peralatan Make up sendiri
    • Model sudah disediakan (dapat bertemu saat technical meeting)
    • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Hadiah :
    • Juara 1 : Rp 700.000 + Trophy + Certificate
    • Juara 2 : Rp 500.000 + Trophy + Certificate
    • Juara 3 : Rp 400.000 + Trophy + Certificate
  • Batas pendaftaran sampai 1November 2019

Pendaftaran Recycle Fashion Competition :

  • Biaya Pendaftaran : Gratis

More Information :

  • Khana: +6285804565674
  • Tita: +6282142915430 WA
  • LINE : titaawar
Des
23
Sen
Kompetisi Rebranding BKKBN
Des 23 all-day
Kompetisi Rebranding BKKBN

LATAR BELAKANG

BKKBN, Kekinian dan Perencanaan

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) ingin terus relevan dengan masyarakat. Jaman berubah, tantangan pun berbeda dari masa ke masa. Saat ini, pilihan media lebih beragam dan dekat dengan keseharian Millenial dan Zillenial, yang menjadi khalayak utama BKKBN. Generasi Millenial dan Zillenial adalah generasi sangat aktif, pilihan aktivitasnya beragam, mengandalkan internet dan gadgetsmartphone sebagai saluran interaksi dan aktualisasinya. Millenial dan Zillenial adalah generasi yang hanya mau menerima sesuatu jika hal itu relevan dengan hidup mereka. BKKBN yang pernah eksis dan diingat publik di era 70an-90an, ingin eksis dan relevan dengan konteks kekinian bagi Millenial dan Zillenial.

Satu hal yang bisa membuat BKKBN tetap relevan dengan dunia Millenial dan Zillenial adalah Rencana atau Perencanaan. Kata ‘rencana’ sendiri sudah tersirat dan tersurat dalam kata ‘Berencana’ di nama ‘Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional’. Juga, tujuan ideal dari kata ‘Kependudukan’ hanya mungkin terwujud jika masyarakat bisa diajak untuk punya orientasi perencanaan dalam hidup mereka, utamanya bagi kalangan remaja. Dari masa remajanya hingga mereka beranjak dewasa/tua dan nanti berkeluarga, Millenial dan Zillenial membutuhkan perencanaan dalam hidupnya. Mereka perlu perencanaan dari hal kecil/sepele hingga perkara yang penting dan menentukan hidup mereka. ‘Mau nonton apa akhir pekan ini?’, ‘Mau jalan-jalan berapa kali dan kemana tahun ini?’, ‘Mau nabung yang bagaimana agar bisa jalan-jalan?, ’Mau sekolah di mana dan belajar apa?’, ‘Mau kerja dimana dan bidang apa?’, ‘Mau nikah di usia berapa?’, ‘Mau punya anak berapa?’, ‘Mau pakai kontrasepsi apa?’, ‘Mau pensiun di usia berapa?’, dan seterusnya. Dengan kata lain, ‘perencanaan’ ingin dikomunikasikan sebagai gagasan yang penting dan dirasa punya banyak manfaat bagi Millenial dan Zillenial. Bukan sebagai anjuran dari sosok yang menempatkan diri lebih tua, lebih paham dan punya kuasa tapi saran dari sosok yang dekat di hati dan dunia remaja. Bukan BKKBN sebagai suara orang tua yang coba ‘sok muda’, tapi memang BKKBN adalah suara anak muda itu sendiri.

‘Perencanaan’ sebetulnya merupakan konsep yang bisa dijadikan sebagai sikap hidup atau mind-set. BKKBN ingin menyampaikan gagasan perencanaan dengan cara yang fun bagi generasi remaja (Millenial dan Zillenial), bukan dengan cara top-down, menggurui, taglineistik, jargonistik dan terkesan memerintah. BKKBN ingin dilihat sebagai teman dan sahabat bagi generasi remaja dalam menjalani hidup mereka. BKKBN ingin diterima sebagai teman kaum remaja merencanakan hidup mereka agar mereka bisa menikmati hidup secara maksimal sesuai cita-cita mereka. Karenanya, perencanaan (dengan segala spektrumnya) adalah kata kunci dan menjadi tema lomba ini. Rencana atau perencanaan diharapkan bisa langsung terasa dari karya-karya yang dikirimkan.

BKKBN hari ini ingin hadir secara berbeda dari BKKBN yang dulu, karena BKKBN menyadari setiap zaman memiliki keunikannya sendiri, setiap masa mempunya tantangannya sendiri. BKKBN ingin tampil beda karena tantangan zaman yang juga berbeda. Di masa lalu, nama BKKBN diingat publik karena lagu Marsnya yang liriknya menarik dan selalu konsisten menampilkan karakter/figur ayah-ibu-2 anak. Di tambah adanya tagline ‘Dua anak cukup’. Padahal BKKBN sejatinya lebih luas dari itu. BKKBN, memang mencakup tapi bukan semata soal jumlah 2 anak dan kontrasepsi. BKKBN memiliki program dengan cakupan yang luas, yaitu Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, yang dijalankan secara nasional.

Untuk menguatkan relevansinya dengan zaman now, BKKBN mengundang partisipasi masyarakat dengan cara mengikuti lomba yang terbagi dalam 3 jenis lomba, yaitu; Lomba Logo, Tagline, dan Jingle. BKKBN percaya relevansi lembaganya bisa dibangun dengan interaksi dan keterlibatan publik. BKKBN mengharapkan karya-karya lomba yang bermutu, yang kreatif, yang relevan dengan keyakinan BKKBN bahwa perencanaan adalah sesuatu yang penting bagi siapapun yang ingin memiliki hidup yang lebih baik, lebih mudah, dan lebih sejahtera.

Kegiatan lomba ini terbuka untuk diikuti oleh profesional dan juga masyarakat umum.

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan ketentuan yang harus disetujui dan dilakukan oleh peserta

Kriteria Penilaian:

  • Karya memenuhi ketentuan, baik umum maupun khusus
  • Karya bisa memahami uraian di Latar Belakang dan mampu membantu menjawab tantangan yang tengah dihadapi BKKBN
    Karya menunjukkan kreativitas yang tinggi, inovatif, unik/berbeda, orisinil, mengundang interaksi dan sesuai dengan karakter dan aspirasi generasi Millenial (15- 39 tahun) dan Zillenial

Petunjuk Lomba:

  • Setiap peserta lomba diwajibkan membaca dan mematuhi ketentuan lomba, baik ketentuan umum dan ketentuan khusus
  • Kesalahan membaca dan menafsirkan ketentuan lomba menjadi tanggung jawab peserta
  • Karya peserta lomba yang tidak mengikuti ketentuan lomba akan langsung didiskualifikasi

Ketentuan Umum Lomba

  • Untuk mengikuti lomba ini tidak dipungut biaya
  • Terbuka untuk kalangan desainer grafik profesional dan agensi komunikasi, serta masyarakat umum yang memiliki kemampuan untuk membuat logo. Kecuali dewan juri dan keluarganya, serta pegawai BKKBN.
  • Terbuka untuk kalangan profesional, agensi komunikasi serta masyarakat umum yang memiliki kemampuan untuk membuat tagline. Kecuali dewan juri dan keluarganya, serta pegawai BKKBN.
  • Terbuka untuk kalangan profesional, agensi komunikasi serta masyarakat umum yang memiliki kemampuan untuk membuat jingle. Kecuali dewan juri dan keluarganya, serta pegawai BKKBN.
    Karya harus menarik bagi selera Millenial maupun Zillenial
  • Meski karya dikerjakan secara berkelompok, karya akan diperlakukan sebagai karya perorangan (penanggung jawab yang ditunjuk oleh kelompok). Jika menjadi pemenang, BKKBN hanya akan berhubungan dengan nama peserta yang didaftarkan.
  • Peserta lomba perorangan adalah individu WNI yang dibuktikan dari kartu identitas resmi KTP/NIK
  • Peserta lomba menyatakan bahwa benar karya yang dikirimkan adalah karyanya dan bukan hasil karya orang lain. Jika kemudian terbukti karya tersebut bukan karyanya akan bersedia ditarik kembali hadiah yang diterima jika menang.
  • Setiap peserta bisa mengirimkan lebih dari satu karya, maksimal 3 (tiga) karya.
  • Setiap peserta bisa mengikuti semua jenis lomba yang diselenggarakan
  • Setiap karya harus dilengkapi penjelasan tentang karya dengan penjelasan maksimal sebanyak 200 kata.
  • Setiap karya yang dikirimkan harus berisikan; karya, penjelasan tentang karya (maksimal 200 kata), lampiran file KTP/NIK, alamat domisili, alamat email dan nomor telepon genggam yang dapat dihubungi.
  • Setiap karya dengan kelengkapan seperti disebut di atas, dikirimkan melalui formulir yang telah disediakan di halaman https://rebranding.bkkbn.go.id.
  • Karya peserta akan diseleksi oleh tim juri yang memiliki kompetensi sesuai jenis lombanya.
  • Seluruh karya pemenang yang dikirim tetap menjadi hak BKKBN.
  • Karya yang dinyatakan sebagai pemenang akan menjadi milik BKKBN dan BKKBN berhak melakukan penyesuaian/revisi/perubahan/modifikasi atas karya tersebut, baik dengan cara melibatkan pembuat karya atau pihak lain yang dinilai BKKBN bisa membuat karya tersebut menjadi lebih baik. Tanpa adanya kewajiban memberikan royalty kepada pemenang.
  • Jika terjadi kesamaan dan kemiripan karya, maka keputusan pemenang merupakan hak BKKBN dan dewan juri.
  • Peserta yang karyanya dinyatakan sebagai pemenang, harus menyerahkan file asli dengan ukuran yang besar/memadai, dengan resolusi tinggi (hi-res untuk Lomba Logo)
  • Karya yang dinyatakan sebagai pemenang berhak digunakan oleh BKKBN untuk seluruh kegiatan dan program BKKBN, untuk waktu yang tak terbatas.
  • Pajak hadiah lomba ditanggung oleh pemenang, sesuai peraturan yang berlaku.
  • Keputusan juri bersifat final dan mengikat, tidak dapat diganggu gugat, tidak melayani keberatan dan korespondensi.
  • Peserta wajib memenuhi semua perundang-undangan, peraturan dan ketentuan yang berlaku. Bila terjadi pelanggaran atas ketentuan dan peraturan yang berlaku, maka peserta harus membebaskan BKKBN dari segala beban dan tanggung jawab apabila adanya tuntutan dari pihak ketiga atau pihak yang berwajib.
  • Karya yang diterima harus lengkap mengikuti persyaratan yang sudah ditetapkan, apabila tidak memenuhi syarat, karya akan didiskualifikasi dan tidak diikutsertakan dalam penilaian.
  • Karya diterima hanya melalui jalur https://rebranding.bkkbn.go.id. Karya yang dikirimkan selain melalui jalur tersebut, tidak diikutsertakan dalam lomba.
  • Karya diterima panitia paling lambat 23 November 2019

KETENTUAN KHUSUS

Lomba Logo

  • Logo yang diikutkan lomba haruslah logo yang orisinil
  • Setiap karya lomba logo harus mencerminkan/memuat/mengandung gagasan perencanaan.
  • Desain berupa logogram
  • Teks “BKKBN” tidak harus menjadi elemen utama logo
  • Desain boleh satu warna maupun lebih dari satu warna.
  • Logo yang dibuat tidak memuat gambar/karakter/ilustrasi bapak-ibu-dua anak
  • Karya tidak mengandung merek dagang, logo, ciptaan yang dilindungi hak cipta atau HAKI dalam bentuk apapun, milik pihak lain.
  • Logo harus dapat diaplikasikan ke berbagai media cetak maupun elektronik, baik statis maupun dinamis
  • Logo harus masih tampak jelas jika diperkecil hingga 2 cm x 2 cm
  • Karya logo diunggah di penyedia penyimpanan daring/online seperti Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 10 megabyte, lalu tautannya bisa dipakai untuk mengisi formulir di di https://rebranding.bkkbn.go.id yang disediakan penyelenggara. Isi berkas PDF adalah:
  • Logo berwarna dengan latar putih secara sendiri
  • Logo dengan latar warna gelap secara sendiri
  • Logo hitam putih/greyscale
  • Contoh/mockup aplikasi logo pada paling tidak 3 (tiga) di antara pilihan medium berikut: kartu nama, kaos (dasar putih), kop surat, mobil/kendaraan, atau aplikasi lainnya
  • Penjelasan makna logo
  • Foto/Scan KTP/Kartu Keluarga (bagi yang menggunakan NIK)
  • Jika mengirimkan lebih dari satu karya logo, dilakukan penomoran di berkas PDF

Lomba Tagline

  • Tagline adalah Tagline Kampanye BKKBN
  • Tagline menggunakan Bahasa Indonesia
  • Tagline mudah diucapkan, menarik, unik, mudah dipahami dan mudah dingat
  • Setiap karya lomba tagline harus mencerminkan/memuat/mengandung gagasan perencanaan
  • Karya tagline yang diikutkan lomba haruslah tagline yang orisinil
  • Jumlah kata maksimal 4 kata
  • Tagline ditulis bersama dengan penjelasannya (maksimal 200 kata), dijadikan berkas PDF beserta surat pernyataan bahwa tagline itu adalah hasil karya sendiri dan bukan milik orang lain, kemudian diunggah di penyedia penyimpanan daring/online seperti Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya, lalu tautannya bisa dipakai untuk mengisi formulir di https://rebranding.bkkbn.go.id
  • Jika mengirimkan lebih dari satu tagline, dilakukan penomoran pada berkas PDF

Lomba Jingle

  • Jingle adalah lagu pendek dengan durasi 1,5 hingga 2 menit yang menarik, mudah diingat, dan mudah dinyanyikan oleh khalayak umum, yang menggambarkan BKKBN dan relevansinya sebagaimana dijelaskan di Latar Belakang.
  • Jingle haruslah berupa lagu pendek yang mudah disukai semua kalangan, utamanya Millenial dan Zillenial.
  • Jingle nantinya harus bisa dimainkan/diputar secara tersendiri ataupun sebagai bagian musik dari materi kampanye BKKBN (baik media audio/radio atau audio visual untuk televisi maupun media sosial seperti YouTube/FB/Twitter/Instagram/dll).
  • Jingle merupakan paduan yang menarik dan mudah diingat/diikuti antara: komponen lirik dan komponen nada.
  • Komponen lirik tidak mengandung ajakan ber-KB (Keluarga Berencana) dan tidak harus menggambarkan narasi bapak, ibu, dua anak. Yang diharapkan adalah lirik yang menggambarkan semangat BKKBN tentang pentingnya perencanaan dan mengajak khalayak tertarik pada gagasan perencanaan bagi hidup mereka.
  • Lirik mengandung kata Rencana/ Terencana/Berencana/Keren (Keluarga Berencana) dan menghindari kata-kata: 2 anak cukup.
  • Komponen musik/nada bisa disajikan dengan instrumen dan gaya bermain instrumen apapun, tapi tetap harus menarik, mudah diikuti dan mudah dimainkan. Dalam hal aransemen dan pilihan instrumen, penilaian akan menggunakan prinsip; semakin sederhana, semakin baik.
  • Gaya musik: pop (bukan mars atau himne).
  • Tempo: sedang.
  • Nuansa: riang dan optimistik.
  • Dinyanyikan secara solo atau duet (bukan paduan suara).
  • Pada 5 detik akhir jingle, haruslah berupa nada yang menarik dan mudah diingat, yang nantinya bisa berdiri sendiri atau disebut jingle pendek seperti banyak digunakan dalam iklan-iklan produk komersial. Jingle pendek ini nantinya bisa digunakan sebagai penutup iklan radio/audio visual dan bisa diputar sebagai pengingat jingle versi panjang/lengkapnya.
  • Karya jingle yang dikirimkan haruslah berupa lagu yang kualitas suara rekaman yang baik, artinya bersih dari noise, volume cukup jelas untuk didengar. Sangat disarankan karya jingle yang diikutsertakan dalam lomba ini menggunakan teknik dan teknologi yang berkualitas baik.
  • BKKBN berhak menggunakan karya pemenang seperti apa adanya ataupun mengubah, memodifikasi, mengaransemen ulang (sebagian kecil atau sebagian besar) karya jingle yang terpilih sebagai pemenang dengan pilihan musisi, instrumen dan penyanyi yang dipilih oleh BKKBN.
  • BKKBN hanya berurusan dan membuat kesepakatan dengan peserta/pengirim karya. BKKBN tidak berurusan dan bertanggung jawab atas keberatan atau tuntutan dari musisi dan penyanyi yang terlibat dalam pembuatan karya jingle tersebut.

Penilaian

Bagaimana karya peserta dinilai

Kurasi

Tim Kurator akan menyeleksi seluruh karya, baik secara administrasi maupun kesesuaian dengan ketentuan

Aspek Penting

  • Penilaian dititikberatkan pada penterjemahan BKKBN menjadi sahabat yang menemani dalam ‘Perencanaan’ perjalanan kehidupan dari remaja, pra-nikah, menikah, berkeluarga hingga orang tua.
    Juri
  • Penilaian karya dilakukan oleh dewan juri, yang berasal dari latar belakang Praktisi, Ahli di bidangnya, Akademisi, dan BKKBN
    Pengumuman
  • Pengumuman pemenang akan diinformasikan di https://rebranding.bkkbn.go.id.

Hadiah

Logo

Juara 1 Rp35.000.000

Juara 2 Rp10.000.000

Juara 3 Rp5.000.000

Nominator (7 Peserta) Rp1.500.000

Tagline

Juara 1 Rp10.000.000

Juara 2 Rp5.000.000

Juara 3 Rp3.000.000

Nominator (7 Peserta) Rp500.000

Jingle

Juara 1 Rp35.000.000

Juara 2 Rp10.000.000

Juara 3 Rp5.000.000

Nominator (7 Peserta) Rp1.500.000

Mar
12
Kam
IFEX 2020 @ Jakarta International Expo
Mar 12 – Mar 15 all-day

Indonesia’s Most Prestigious Furniture Event

“REDEFINE – INSPIRE – INNOVATION” with Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2020.

Discover a wide range of furniture products highlighting finest rattan, wood furniture, outdoor furniture and unique décor products in IFEX 2019.

The outstanding success of 2018 edition confirms the stronger forte and popularity of Indonesian furniture in the global market and has set the stage for an even bigger show in March 2019. IFEX is now recognized as a must-attend furniture & craft show in Asia and it is a part of the Asia Furniture Show circle in March each year!

Being a flagship event for the Indonesia’s furniture industry, IFEX is Indonesia’s stage to the world, strongly supported by the industry and government to facilitate furniture trade from Indonesia globally, by connecting Indonesia’s furniture and craft manufacturers and exporters to thousands of trade buyers across the globe.

IFEX prides the industry with the largest range of specialty furniture and craft products, perfectly blending innovative design and fine craftsmanship inspired by the wealth of nature of Indonesia. IFEX has become the real furniture marketplace serving the industry and opening business opportunities.

Over 500 exhibitors connected with more than 11,000 buyers from 118 countries and regions in IFEX last year. Offering new value to the market is the premiere of CRAFTNATION in IFEX 2019, a dedicated zone for craft products avidly and professionally curated to make it to display. Buyers of crafts can expect to be charmed by the collection at CRAFTNATION – showcasing at the TRADE MART BUILDING Level 2 of Jakarta International Expo, steps away from the exhibition halls.

Jul
15
Rab
BuildTech Asia Indonesia 2020
Jul 15 @ 8:00 am – Jul 17 @ 5:00 pm

ENHANCING CONSTRUCTION PRODUCTIVITY THROUGH DIGITAL TRAMFORMATION

BuildTech Asia Indonesia – the one-stop platform for the construction industry ecosystem!
Riding on the success of the 8th edition of the BuildTech Asia in Singapore, BuildTech Asia – Indonesia 2020 launches its inaugural edition as the premier platform for the built environment sector in Indonesia.

BuildTech Asia Indonesia will showcase the advanced construction technology like Design for Manufacturing Assembly (DfMA), Integrated Digital Delivery (IDD), productive technologies, and smart solutions in enhancing construction productivity through digital transformation. With over 300 exhibiting brands specialising in onsite construction machinery & equipment, building materials & solutions, architectural & quality finishes, productive technologies, facilities management and infrastructure products and services all under one roof!

Leverage on the rapidly growing construction demand and the immense new business opportunities as Indonesia move towards a 100 Smart Cities nation, join us to exhibit your products and innovative solutions and take your business to new heights!

The Indonesia construction industry is expanding at a fast pace, driven mainly by government investment in energy and transport infrastruc-ture, where the total government spending on transport infrastructure has increased from US$28.8 billion in 2018 to US$29.1 billion in 2019. The industry output is growing at a healthy rate from 2019-2023 with investments in housing, transport and tourism infrastructure projects.*

Indonesia is one of Southeast Asia’s largest economy with a population of 248 million and nearly 400 cities. The Indonesia government launched the 100 Smart Cities movement in 2017, which is the national vision towards a Smart Nation, where Jakarta, Surabaya, and Bandung are the pioneers.

Communications and Information Minister Rudiantara said “smart cities could change the mind-set of civil servants With the help of digital tech-nology, officials could switch from being regulators to being facilitators and accelerators, as the smart city concept is aimed at improving services”.**

Source:
* Construction in Indonesia – Key Trends and Opportunities to 2023, Global Information Inc, 31 May 2019
** Smart citizens to boost smart cities: Ministry, The Jakarta Post, 22 March 2019