Sekilas tentang Desain Parametrik

Pengertian Dasar Parametrik

Bagi banyak perancang atau desainer, desain parametrik merupakan salah satu metode mendesain yang menyeramkan. Padahal dalam kenyataannya, setiap kali mendesain para perancang menggunaan metode ini.

Parametrik sendiri pada dasarnya berasal dari kata parameter. Secara singkat dapat diartikan sebagai ukuran, dan secara general dapat dipadankan dengan referensi atau ketentuan. Dengan pengertian ini, maka setiap kali desainer membuat perancangan, otomatis telah menggunakan metode ini. Namun demikian output yang dihasilkan pada kenyataannya lebih banyak blocking secara geometris meskipun inputnya adalah data organis.

parametrik

Dalam mendesain, desainer menggunakan berbagai data untuk menghasilkan desain yang tepat. Parameter-parameter yang digunakan mulai dari ergonomi, antropometri, flow massa, habit, ruang, positioning dan sebagainya. Dalam perencangan arsitektur data-data tersebut diubah menjadi zoning dan ruang. Dalam interior data tersebut dapat diubah menjadi layout dan dimensi. Dan dalam desain produk output dari data tersebut paling mendekati dengan defenisi desain parametrik saat ini diubah menjadi bentuk.

Metoda Aplikasi

Pengertian desain parametrik saat ini didominasi pada titik processing. Data yang menjadi input diolah secara matematis dan meghasilkan output yang organis. Hal ini yang menjadi dasar perbedaan antara desain konvensional dengan desain parametrik. Dalam desain konvensional, data-data yang menjadi input diolah oleh manusia untuk menghasilkan output keputusan desain. Dalam desain konvensional fungsi humanis berupa, pengetahuan, pengalaman dan skill menjadi penentu utama dalam menghasilkan output desainnya. Sedangkan dalam desain parametrik data yang berubah menjadi coding direspon secara komputerisasi menjadi output.

Baik desain konvensional maupun parametrik memiliki potensinya masing-masing. Desain konvensional secara positif melibatkan lebih dominan sisi humanis, sedangkan desain parametrik menghasilkan desain yang lebih natural.

Asyraaf Ahmadi

Arsitektur, Interior, Produk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!

Terimakasih telah subscribe newsletter kami

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Verdant Creative Media will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.